July 24, 2024

Arti Spesifikasi Limbs pada Standard Bow

Gambar 1. Limbs standard bow ukuran 68/32 64/34 merk Cartel Sirius Plus

Pada limbs standard bow biasanya ada tulisan kayak gambar diatas. Apaan sih artinya?

Angka yang sebelah kiri di gambar 1 (angka 64″ dan 68″) adalah ukuran panjang limbs. Tanda kutip dua (“) artinya adalah inch. 1 inch = 2,54 cm.

Kalo limbs di gambar 1 dipasangkan dengan riser ukuran 24″ maka total panjang busur menjadi 68″. Dan kalo limbs tersebut dipasangkan dengan riser ukuran 22″ maka total panjang busur menjadi 64”.

Panjang limbs ada beberapa ukuran, begitu juga dengan panjang riser. Untuk standard bow bisa dilihat lengkapnya di tabel di bawah ini:

Ukuran busur SF Optimo+

Riser dan limbs idealnya dipasangkan sesuai dengan tabel diatas. Misal riser 24″ pasangannya limbs 66″, 68″, atau 70″. Riser ukuran 14,5″ dipasangkan dengan limbs 48″. Dan seterusnya. Karena kalo bukan pasangannya nanti total panjang busur akan berbeda, yang otomatis nanti panjang string yang diperlukan juga akan berbeda. Misal riser 14,5″ dipakein limbs 70″, total panjang busur gak akan jadi 70″, string yang dibutuhkan juga bakal lebih pendek.

Angka yang sebelah kanan di gambar 1 (angka 34 dan 32) adalah berat tarikan (draw weight) dalam satuan lbs atau pound (1 lb = 0,45 kg). Berat tarikan yang tercantum di limbs adalah berat tarikan pada panjang tarikan (draw length) standar 28 inch. Kalo panjang tarikanmu lebih dari itu, maka berat tarikan akan lebih berat. Dan sebaliknya.

Artikel tentang cara ngitung panjang tarikan/draw length ada disini:
https://papatembak.com/2016/06/panjang-tarikan-draw-length-saya-berapa-sih-gini-cara-taunya.html

Artikel tentang perubahan draw weight karena draw length: https://papatembak.com/2016/06/perubahan-berat-tarikan-draw-weight-sesuai-panjang-tarikan-draw-length.html

Kalo pake riser yang lebih pendek, berat tarikan akan bertambah. Seperti contoh di gambar 1, kalo pake riser 24″ berat tarikannya 32 lbs, sedangkan kalo pake riser 22″ berat tarikannya jadi 34 lbs pada panjang tarikan yang sama (28″).

Terakhir, untuk busur recurve modern (ILF atau Formula) biasanya limbs cuma punya 3 ukuran. Short, medium, dan long. Yang berarti total panjang busur akan menjadi: short = 66″, medium = 68″, dan long = 70″ jika dipasangkan dengan riser recurve ILF ukuran standar 25 inch.

Tong gandeng, aya nu sare!
Azhar A. Suryadiningrat

127 thoughts on “Arti Spesifikasi Limbs pada Standard Bow

  1. pak, mohon maaf mau nanya lagi… πŸ˜€
    kalo saya beli busur 66/26, dengan riser 24", berarti limbs nya jenis short y?
    klo kemudian ketika saya pngen naikin draw weight nya ke 32 lbs, dan saya ganti limbs tersebut jadi ukuran medium, jadi 68/32,,, bisa gak?

    mohon penjelasannya
    makasih

  2. Beda merk juga gapapa kalo fittingnya sama. Saya sendiri pake riser SF dan limbs Cartel.

    Umumnya ada 3 jenis fitting. Fitting ILF (kayak busur olympic recurve), fitting hunting bow kayak merk Martin atau Junxing, dan fitting "standard bow".

    Kalo mau beli tanya aja sama yang jual fittingnya yang mana.

  3. Maksudnya seimbang gimana?

    Axiom setau saya cuma sampe 40lbs aja limbsnya.

    Dan menurut saya kalo satu merk dan satu model misal riser SF Axiom dengan limbs SF Axiom juga tentu bakal cocok karena dapet hasil ngitung si pabrik.

    Kecuali mau mix and match yang beda merk, harus hati2. Misal riser yang didesain buat limbs maksimal 40lbs tapi dipakein limbs yang lebih berat diatas itu. Bisa patah risernya.

  4. pak… kalau saya punya cartel risernya ukuran 20" dan limbsnya tulisannya di kotak bagian atas tidak ada tapi bagian bawah tulisannya 70" 22lbs… jadinya gimana ya?

    total panjang busurnya jadinya berapa dan berat tarikannya jadinya berapa?

    soalnya saya pasang dengan string 66" jadinya berat banget…
    Mohon Jawabannya.. terimakasih…

  5. yang dibaca itu tulisan limb yang bagian atas apa bagian bawah??

    riser 24 limb 62-30 dan tulisan bawah 66-28 << itu artinya cocok gak om??

  6. Konfigurasi yang om pake gak standar.

    Waktu dipasangin string 66 brace heightnya berapa?

    Coba ukur dulu manual pake meteran, yang diukur bagian dalam busur ikutin lengkungannya.Mungkin jadinya 68.

    Draw weightnya bakal nambah. Mungkin kisaran 2 lbs.

  7. Nuhun pak saya salah beli busur.kebertan tarikanya .ada saran gak misal buat latihan di rumah kan gak mungkin nembak biar punya tenaga buat narik.makasih kang jawabnya #pemula beli 26lbs :'(

  8. Awalnya saya mao masuk club tapi tarikannya berat bgt.apa saya latih kekuatan tangan dulu baru ikut club .bow saya cartel sirius plus 26 lbs .makasih bnyak kang

  9. 26 biasanya gak terlalu berat buat pemula, tapi mungkin ini kasus khusus.

    Karena udah dibeli mungkin solusi terbaiknya dengan banyak2 latihan fisik terutama latihan tarik kering. Silahkan cari di blog ini artikelnya. Liat di sitemap.

  10. Pak kalo panjang busur nya 66" panjang stringnya yg brp inches?? Yg saya punya riser cartel tp limbs homemade.apakah tetap berfungsi dengan naik atau ganti limbs?

  11. Panjang string biasanya 3-4 inch lebih pendek dari panjang busur. Kalo panjang busur 66 inch, berarti panjang string kisaran 62-63 inch.

    Kalo ganti limbs asal panjangnya sama gak usah ganti string.

  12. Siang..mau nanya nih
    Saya kan beli busur PVC riser 40…limbs nya 60 cm…kata pelatih busurnya terlalu pendek utk saya..tinggi badan saya 172.
    Apa betul lama kelamaan bisa rusak busurnya karena ga standard atau terlalu pendek?

  13. Kalo dibilang terlalu pendek sih relatif, hunting bow dan horsebow pendek2.

    Jadi tergantung teknik yang dipake, kalo mau teknik olympic (anchor di bawah dagu) baiknya pake busur yang ukurannya pas.

    Tapi memang kalo dari keawetan, busur pendek kalo ditarik panjang lebih cepat rusak.

  14. Assalamu'alaikum, mau nanya,, saya migrasi dari standar bow ke recurve, di standar bow sya pake 66", 26lbs, tapi busur recurve yg ada cuman 68", 30lbs,, kira2 gpapa ya? Apa yg bisa terjadi?

  15. Berarti risernya kependekan ya? Kalo mau distandarin tinggal beli riser ukuran 24 inch. Punya sampeyan kayaknya ukuran 20 inch (untuk anak). Limbsnya kan bisa untuk dipake jadi busur 66.

    Kalo gak mau diganti risernya kan berarti tetep 62 inch panjang busurnya. Masih nyaman dipake untuk dewasa asal teknik yang dipake bukan teknik olympic yang anchornya di bawah dagu. Pake teknik barebow yang anchornya agak tinggi.

    Busur buat berburu rata2 pendek kisaran 62 inch kok.

  16. Wa'alaikumsalam. Menurut saya kalo udah nyaman pake busur 66 ya udah pake 66 lagi aja.

    Kalo pake busur kepanjangan biasanya sudut string di wajah bakal berubah, kerasanya bakal lain aja pas anchor.

    Kalo memungkinkan coba dulu pake busur 68 pinjeman. Kalo ternyata nyaman juga gapapa sih ganti jadi 68.

    Masalah draw weight juga harus disesuaikan, kalo narik 26 lbs udah merasa ringan bisa naikin lbsnya. Tapi kalo narik 26 aja udah kerasa berat mendingan jangan dinaikin dulu.

  17. Riser sirius yg 22" bs gak di dipasangin di limbs 66"? Bila bisa apakah harus mengganti stringnya juga? Tulisan di limbnya 64/22 dan 66/24.
    Apakah dgn mengganti riser bs mnurunkan lbs mnjadi 22?

  18. Kalo sekedar dipasang sih bisa. Cuma nanti ukuran busurnya jadi gak jelas. Karena riser 22" pasangannya dengan limbs 64.

    Tulisan di limbs 66 biasanya 66/24 dan 62/26. Menurunkan panjang riser akan menambah draw weight sedikit.

  19. Pak diagram ukuran limbs dan riser diatas berlaku untuk horsebow jg yah, trus gmn dgn panjang siyah pak. Bleh mnta ukuran siyah dan polax trus kesesuaian ukuranx dgn panjang limbs

  20. Horsebow gak punya patokan tentang panjang busur berapa yang harus dipake seseorang dengan tinggi/rentang tangan tertentu. Jadi bebas aja, aturan diatas tidak berlaku.

    Segitu aja yang saya tau tentang horsebow. Sisanya gak paham.

  21. Sedikit penasaran sama kata-kata ini om, "Riser dan limbs idealnya dipasangkan sesuai dengan tabel diatas". Berarti limbs 66, 68, 70 itu buat riser 24" kan ya? Tapi di setiap limbs cartel (misal limbs yg 70") selalu ada tulisan 70/24 dan 68/26, atau 70/26 dan 68/28 dst. Kalo memang ngga ideal, kenapa ngga ditulis yang 70 nya aja, om?

    Terus kalo misalnya limbs 70" dipake ke riser 22" (untuk dpt bow ukuran 68"), ada masalah ngga, om? Secara kalo menurut tabel kan bukan pasangan ideal.

  22. Setau saya limbs yang ada 2 ukuran itu cuma 68 dan 66.

    Limbs 68 itu sama dengan limbs 64.

    Limbs 66 sama dengan limbs 62.

    Ukuran 70 setau saya di tulisan spesifikasi di limbs nya gak ada tulisan lain.

    Masalah mix and match limbs dan riser yang tidak sesuai dengan tabel sebenernya sah2 aja. Bisa dilakukan. Tapi apa karakteristiknya bakal sama? Linearitas berat tarikan terhadap panjang tarikan akan optimal?

    Saya pikir pihak pabrik ngeluarin tabel diatas juga udah dapet ngitung. Saya mah ikut rekomendasi produsen aja biar gak ribet.

  23. saya baru beli limbs cartel sirius plus 68" 36 lbs. tapi sepertinya keberatan, masang strin aja harus dibantu temen. padahal selama ini sering main panahan dengan horsebow 35 lbs (hasil pengukuran dengna alat). apakah beda "rasa" lbs standarbow dengan horsebow ya?

  24. Poundage di standard bow dihitung di tarikan 28 inch. Horsebow biasanya di 31 inch. Kalo demikian walau lbs nya sama, berat aktual di tangannya beda.

    Terus kalo HB saya liat holdingnya sebentar banget, kalo standard bow lebih lama karena ngebidik dulu. Jadi lebih kerasa.

    Ada juga kemungkinan "salah label". Diklaim sekian lbs padahal kurang.

  25. siaap makasih om. Saya malah baru tau om kalo limbs 68 sama dengan limbs 64 dan limbs 66 sama dengan limbs 62. Saya tanya Soalnya saya pernah lihat di limbs 70, "70/24 | 68/26", di limbs 68, "68/24 | 66/26".

  26. saya pake cartel plus 70-32, riser 24… nggak sengaja dryfire trus patah risernya.
    saya mau cari riser lagi, tp trauma kalo mau ambil wooden riser. Baiknya gimana ya pak, cari riser yang lebih keras seperti alloy, local Wooden (sonokeling,jati) atau tetap riser cartel?

  27. Riser yang bahannya dari beberapa lapisan kayu katanya lebih kuat daripada yang 1 macam. Jadi kalo mau pake kayu lagi saya tetep menyarankan riser laminasi.

    Saya pernah sengaja dry fire untuk tujuan tertentu, pake 66/36 sirius plus dan riser SF gak terjadi kerusakan apa2.

    Kalo mau ganti riser metal saya perlu ingatkan nanti gak bisa ikut ronde nasional. Harus ronde recurve atau barebow.

  28. saya memiliki riser 19.5, kalau ingin mendapatkan bow ukuran 58" apakah harus memakai limbs ukuran 62", kalau dihitung hitung jatuhnya sekitar 58,5", sebab dengan draw length anak saya optimalnya menggunakan busur ukuran 58" dan susah sekali cari bowset ukuran 58"? mohon pencerahannya

  29. Kalo ngikutin tabel ya baiknya pake ukuran 58. Kalo pake 62 nanti panjang busurnya juga beda.

    Ukuran diatas cuma panduan umum. Kalo pake busur beda ukuran juga masih bisa.

    Kalo menurut saya mending pake 62 aja yang umum, karena anak tumbuhnya cepat. Daripada maksain nyari 58 nanti gak latihan2.

  30. assalamualaikum..
    kang, saya pemula main panahan. awalnya pake yg 66"/24lbs trus ganti 66"/26lbs. rencana beli yg 68"/26lbs,apa ini masih kombinasi yang disarankan?
    terima kasih sebelumnya..

  31. Soalnya pernah pake yg busur 68”/26lbs lebih nyaman pake itu. Ato sebaiknya sy ganti ke busur 66”?

  32. Asalamualaikum mau nanyak nih sy punya Riser 19,5" kalo di belikan Limb yg kayak diatas kira kira LBSnya bisa berapa kang? Mohon arahan.
    Klo yg atas kan
    Tertulis 64"-34lbs
    68"-32lbs
    Apa kira kira dgn Riser sy yg hanya 19,5" bisa jadi 38 lbs nya?

  33. Waalaikumsalam.

    Panjang tarikan berapa?

    Kalo 28" mungkin jadinya kisaran 36lbs, tapi biasanya lebih.

    Tinggal nanti stringnya aja yang harus custom, karena panjang busurnya gak standar. Bisa hubungi WA saya kalo mau bikin stringnya.

  34. Asalamualaikum pak.

    Saya skrg pake standard bow dg limb sirius+ 68"-30lbs. Saya pengin ganti bow recurve tapi knp ukuran draw weight nya kebanyakan berat2 di angka 38-40lbs ke atas. Kata atlit yg pernah sy tanyain narik recurve bow 40lbs beratnya hampir sama dg standar bow 30 lbs. Benarkah demikian? Apa karena limb recurve yg bahannya carbon-foam?

    1. Siang pak, mau tny ank saya dulu pake Riser 20″ limbs 62, Krn semakin tinggi trus Sy ganti Riser 22″ limbs 66 dan ternyata keberatan, enaknya gimana pak, tlg bantu jwb

      1. Siang juga. Bukannya limbs 62 dan 66 itu sama yah panjangnya? Yang beda itu dari panjang risernya. Dan seharusnya semakin panjang riser malah semakin ringan nariknya.

        Jadi ini pake limbs yang sama atau beda? berat tarikannya berapa masing2? (bukan panjang limbsnya loh ya)

  35. Waalaikumsalam.

    Itu karena ronde recurve biasanya jarak tembaknya 70 meter. Kalo draw weight rendah nanti terlalu parabolik.

    Limbs yang kualitasnya baik lebih halus ditarik. Terasa sedikit lebih ringan. Terlepas dari bahannya.

    Tapi tetep aja kalo 40lbs mah berat kalo dibanding 30lbs.

  36. Assalamualaikum, mohon infonya terkait apa perbedaan antara limb laminasi lokal dengan limb import (yang sudah sering beredar di indonesia)? lalu yang lebih baik pilih yang mana?

  37. Waalaikumsalam. Limbs laminasi lokal cenderung lebih tebal dari yang import, jadi lecutan busur lebih lambat.

    Tergantung selera dan budget aja. Secara kualitas menurut saya sampe saat ini masih bagus import, tapi harganya juga juga lumayan.

  38. mohon pencerahan om… saya pemula ingin belajar panahan… kira2 spek panah yg gimn yg cocok buat pria dewasa ya om? brp lbs ato merk apa utk standart bow midle budget… trimakasih om…

  39. Assallamualaikum, nepangkeun kang saya alam..

    saya butuh panah buat anak saya, mereka SD, kelas 3 dan kelas 5 SD.. saya agak bingung dengan hitungan di atas karna selama ini yg saya jd kan acuan lbs..

    misal, kl anak saya mau pake lbs 14 atau 16 lbs.. berapa ukuran riser dan limb ideal nya..

    saya jg sempet cek account tokopedia akang dan sepertinya g jual busur kang ya.

  40. Waalaikumsalam. Untuk anak biasanya pake panjang busur 62 (tergantung panjang tarikan). Berat tarikannya dibawah 20lbs.

    Kalo misal mau pake 62/16, berarti risernya panjang 20, limbsnya panjang 62. Berat tarikan 16.

    Saya lagi kosong nih.

  41. Assalamu'alaikum wr. wb

    Mau bertanya, teman saya punya bow junxing dilimbsnya tertulis 66"-24 lb dan 68"-22 lb. Tapi setelah diukur pakai meteran panjangnya cuma 64".
    Apakah memang seperti itu? atau bagaimana?

  42. Assalamualaikum

    Om mau tanya, saat ini saya pakai Junxing F179 40lbs, rencananya saya pengem ganti limbsnya pakai punya cartel 70". Panjang riser saya 17" kalau pakai cartel 70" & pengen dapat 40-45 lbs belinnya yg berapa ya ukuran stdnya? Terus busur saya jadi brp inch Om?

  43. Assalamualaikum Kang,
    Anak gadis saya kelas 3 SD baru belajar sebulan. Pakai standarbow korea ukuran 62"/20lbs. Nah seiring waktu ke depannya dia akan lebih tinggi. Mungkin saya ganti risernya dari ukuran skrg 20" menjadi 24".

    Yang saya tanyakan.. setelah diganti riser 24", ukuran bow kan bakalan jadi 66". Apakah DW-nya akan berkurang atau tetap 20lbs. Makasih kang

  44. Assalamu'alaikum Gan. Saya mendapat hadiah dari saudara Berupa Junxing F179 40 Lbs. Terlalu berat bagi saya yg masih kategori prmula. Apakah ada cara untuk menurunkan draw weight busur ini ke kisaran 30-35 lbs? Mohon arahannya kang. Terimakasih. Was..

  45. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh.

    Saya punya busur cartel sirius plus dengan ukuran riser 24 dan limbs 70/30. Apakah bermasalah jika saya ganti ukuran limbs tapi dengan merk lain selain cartel.

    Terima kasih

  46. Salam kenal mas…

    Mau tanya nih. Saya pemula kemarin beli bow ukuran 68 / 28 keberatan menurut saya bisa gak di turunin jadi 24 lbs aja. Kalo bisa apa yg harus diganti dan ukuran nya apa terima kasih mass… ?

    1. wa’alaikumsalam. Ada kok ukuran segitu.

      Tapi otot panahan itu gak dipake sehari2. Jadi biasanya walau orangnya tinggi besar berotot pun dikasih 28 aja gemeteran kalo pemula. Pake yang ringan2 aja pemula mah, biar tekniknya bener dulu.

  47. tanya om, adakah perbedaan antara limbs upper dan lower? kalo terbalik atau dua2nya lower gmn ya? soalnya sy beli online merk wns dapetnya dua2nya lower

    1. Limbs pabrikan itu ada yang atas bawah identik, ada juga yang limbs atasnya lebih lemah (tillernya lebih tinggi).

      Kalo misal dapet limbs bawah dua2nya pun gak masalah selama panjang dan draw weightnya sama. Tinggal diliat aja nanti tillernya cocok atau nggak.

  48. selamat siang kang,
    saya pake cartel sirius edge 68/26 tp pas pasang stringnya jarak antara riser dan string terlalu dekat. apakah salah string? krn waktu main kayanya tertukar..krn mirip tp ga ada tandanya..mohon pencerahannya kang..klo harus beli string yang sesuai ukuran berapa ya?..terima kasih sebelumnya

    1. iya kemungkinan besar itu stringnya kepanjangan. Tapi bisa juga karena ukuran busurnya gak standar.

      Coba aja dulu pinjem string ukuran standar 68, nanti ketauan.

  49. gan.kaLo baca daRi serentetan respon.ada yg menyebutkan Bahwa spec Limbs 66 Sama denGan 62 Dan 64 sama denGan 68..Anak Saya keLas 3 SD sdh ikuT PanaHan 3 BuLan.Tinggi MsH 125.KaRena JaRak yg ditempuh 15m,pinJam club dgn spec limbs 64-28/68-26 Dan iTu MsH beRat by anak saya..yanG saya TanYakan adaLah spec BusuR yg BagaiMana yg tepaT BuaT anak SaYa Dan Bisa menempuh JaRak 15-20m?

    1. Untuk pemula saya sarankan dibawah 18 lbs berat tarikannya. Panjang busurnya disesuaikan dengan panjang tarikan. Pemula harus mengutamakan teknik, kalo pake busur yang terlalu berat gak akan berkembang tekniknya.

  50. Maaf admin….
    Mohon di ralat iya…
    Nama club dan kontaknya

    Flying Eagle Horseback Archery
    (Klub FEHA)
    —————————

    Jl. Tlogo Indah Rt 4/ Rw 6 Banjardowo-genuk. Semarang 50117

    Yayasan Nurul Iman
    Kang Iwan
    Kontak WA/Telp (0895378100015)

    1. wah, panjang ini ceritanya. baiknya liat review alat di youtube aja biar lebih jelas. Yang pasti nanti dari perbedaan utamanya dari lembutnya narik, kecepatan lecutan, sama konsistensi lecutan.

  51. Saya ada busur standard merk cartel sirius plus tapi stringnya hilang. Saya harus beli string yg panjangnya berapa ya? Di limb tertulis 62" 22 lbs 66" 20 lbs. Sedangkan panjang risernya Saya ga tau. Mohon sarannya. Terima kasih

    1. Diukur aja panjang risernya dari ujung ke ujung. Kalo panjang risernya kisaran 23,5-24 inch, artinya perlu pake string ukuran 66. Kalo panjang risernya kisaran 20 inch, berarti pakenya string ukuran 62.

    1. sama kak, tapi biasanya yang beda itu tillernya.

      Ada yang dari pabriknya tiller atas dan bawah sama, tapi banyak yang limbs atas tillernya lebih tinggi.

  52. Maaf coach bertanya…saya pake riser sonokeling 25″, kira kira maksimal limbs berapa saya pake agar tidak patah risernya..mohon pencerahan atau pengalaman yg pernah make limbs besar untuk riser sonokeling

  53. Halo maaf mau tnya, sy baru bgt tertarik sm panahan, sudah beberapakali coba dan akhirny mutusin buat beli bow, kl sy baca2 ttg cara milih bow rata2 ngarahin milih dari “tujuan beli bow” nya, misal kl sy cm buat hobi aja.
    Akhirnya sy beli standar recurve 66″ 18lbs, itupun hasil tnya2 ke yg jualanny, tp ada yg sy mau tnya,
    Kl tinggi badan sebenernya mempengaruhin pemilihan bownya ga ya?, sy baru ngeuh ketika di bownya ada tulisan S, M, L, XL sedangkan sy bli yg XL. Pikir sy buat orang dg badan setinggi sy TB 150 apa ga kegedean pake XL(?)
    Mohon petunjuknya coach, terimakasih sebelumny

    1. Tinggi badan itu biasanya mempengaruhi panjang tangan, yang otomatis mempengaruhi panjang tarikan. Nah, kalo di panahan yang dihitung itu panjang tarikannya alias draw length. Karena bisa aja orangnya pendek tapi tangannya panjang, dan sebaliknya.

      Ukuran 66 inch itu panjang busurnya, kayaknya udah cocok untuk orang dengan tinggi badan 150cm.

      Ukuran busur itu bukan SMLXL kayak baju. Tapi speknya panjang busur/bow length (contoh 66 inch) dan berat tarikan/draw weight (contoh 18 lbs). Jadi saya kurang paham juga XL ini ukuran apa.

  54. Apa itu maksud unidirectional carbon limbs? Apa carbon nya hanya lapisi sebahagian limbs..cth spt di perut limbs atau bahagian belakang limbs shj..begitu? Tapi adakah punya speed, smooth nya, accuracy nya, durability nya spt limbs carbon yg spek nya tiada tulis unidirection carbon..

        1. Simple aja om, riser standar kan 25 inch. Kalo riser 25 pake limbs 66 jadinya tetap 66. Kalo pake riser 21 berarti jadi kurangin aja 4 inch, jadi 62 inch. Berarti kalo beli string ukurannya 62 inch AMO, aktual panjang stringnya 59 inch pada tension 100 lbs.

          intinya: beli string ukuran standar 62.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *