April 17, 2024

Bagaimana Cara Memilih Anak Panah/Arrow yang Tepat Untuk Busur/Bow Anda? Perkenalkan: DYNAMIC SPINE CALCULATOR!

Stu Miller’s Dynamic Spine Calculator Versi 2
Stu Miller’s Dynamic Spine Calculator Versi 3
Dalam olahraga panahan, form/teknik memanah adalah yang paling utama dan harus dikuasai duluan. Latihan bisa dilakukan dengan busur dan anak panah apa aja yang ada. Tapi kalo udah cukup menguasai dan masuk ke fase yang lebih serius, “tuning” akan sangat membantu dalam meningkatkan akurasi tembakan.

Busur dan anak panah diproduksi dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan kebutuhan pemanah yang berbeda2 (postur, tenaga, selera, dll). Karena itu busur dan anak panah masing2 mempunyai nilai “Dynamic Spine” yang berbeda2 juga dan harus dipasangkan dengan sesuai untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Apa itu dynamic spine? Hmm, apa ya. Dynamic spine adalah suatu nilai yang dimiliki oleh bow/busur dan arrow/anak panah yang akan mempengaruhi reaksi anak panah pada saat ditembakkan/direlease.

Nilai dynamic Spine pada busur utamanya dipengaruhi oleh berat tarikan (draw weight), panjang tarikan (draw length), posisi center shot, tekanan per/spring pada plunger, brace height, jenis string (dacron, “fast flight”), dan jumlah strand/ply pada string.

Nilai dynamic Spine pada arrow utamanya dipengaruhi oleh static spine (ukuran panah, misal 400, 700, 1716, 1816, dst mempunyai nilai static spine berbeda2 yang bisa dilihat di spesifikasi pabrikan), panjang arrow, berat point (ujung tajam), berat bushing/insert, berat nock, dan berat fletching (vanes atau bulu).

Artikel tentang static spine: https://papatembak.com/2016/06/apa-arti-spine-deflection-pada-arrow-anak-panah.html

Nilai static spine pada arrow Easton Platinum

Setiap perubahan pada hal2 diatas akan mempengaruhi nilai dynamic spine dan tentu akan mempengaruhi keharmonisan hubungan busur dan anak panah.

Coba aja memanah dengan anak panah yang berbeda2 (beda static spine, beda panjang, beda bahan, dst) dalam satu rambahan, walaupun dibidik ke titik yang sama tapi groupingnya tidak akan bagus (asumsi teknik sudah konsisten). Karena nilai Dynamic Spine nya berbeda, cara anak panah tersebut terbang pun akan berbeda.

Lalu bagaimana cara menemukan pasangan busur dan panah yang tepat? Inilah yang dinamakan “tuning”.

Untuk mempermudah tuning, telat dibuat sebuah program kalkulator yang disebut “Dynamic Spine Calculator”, dibuat oleh Stu Miller. Tujuannya supaya orang tidak perlu mencoba satu2 dengan metode “trial and error”. Karena akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Ini link kalkulator beserta instruksinya (masih dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesianya nyusul):

Versi 2: http://www.heilakka.com/stumiller/

Versi 3: https://www.dropbox.com/s/w2ux3sbseyj25zn/Dynamic%20Spine%20Calculator%20Rev%205-12%20%202007.xls

Geus tereh lebaran euy,
Azhar A. Suryadiningrat

201 thoughts on “Bagaimana Cara Memilih Anak Panah/Arrow yang Tepat Untuk Busur/Bow Anda? Perkenalkan: DYNAMIC SPINE CALCULATOR!

  1. Idealnya pake arrow cutter (bentuknya kayak gerinda potong). Biasanya ada yang buka jasa potong arrow, pake itu aja karena kalo beli mahal.

    Ada juga yang suka pake pemotong pipa kapilernya AC. Cuma memang tingkat keseragamannya kurang. 1-2mm aja bedanya ngaruh banget loh di clicker.

    Jadi menurut saya mending pake alat yang udah didesain khusus buat motong arrow supaya hasilnya lebih seragam.

  2. berhubung sy ada di daerah yg panahannya belum memasyarakat nyari yg gituan kyknya g mungkin kang, kalo misal potong pake pemotong pipa itu tp dikasih toleransi 5mm trus diseragamin pake ampelas kira" gmn ya?

  3. Daerah mana om? Biasanya mereka terima paket. Ntar udah dipotong dibalikin. Tapi ya jatohnya jadi mahal. Kalo pake arrow mahal sih sepadan lah.

    Kalo darurat sih mau pake gergaji besi juga bisa, tapi ntar dihalusin dan diseragamin pake kikir halus atau amplas.

  4. saya di bangka kang, setau saya baru ada 1 klub panahan, dan itu g punya alatnya.
    mungkin nanti pake alat potong pipa aj, eh iya ada tips buat ngukur panjang arrow biar cocok sama DL saya g kang?share ya..trims

  5. Setaun pertama bakal banyak perubahan teknik. Karena belum kuat atau posisi badan belum bagus. Jadi kalo langsung potong pendek hati2, gak bisa dipanjangin lagi.

    Mungkin bisa pake calculated draw length dilebihin 1-2 inch.

  6. Kang,.mau nanya cara menghitung berat lbs panah gmn, misalkan ukuran pnjang busur horsebow 140 cm, terus kita harus brp cm panjang tali busur dri ujung keujung siyahnya.

  7. Standard spesifikasi draw weight (berat tarikan) untuk horsebow biasanya pada draw length (panjang tarikan) 30-31 inches.

    Dari penjual biasanya dibilang misal begini:

    45lbs @31

    Yang berarti pada draw length 31 inches draw weightnya 45 lbs.

  8. Kang mau nanya, saya pakai busur recurve buffalo pinnacle 70" 30lbs, rencana saya mau pakai arrow easton platinum 1816, apakah sudah tepat? Saya tinggi badan 176, rentang tangan saya agak panjang, karena kalau pakai arrow 1716 tinggal sisa dikit banget kalau saya tarik panahnya (sisa diujung arrow rest dikit banget gan) kalau saya paksa full draw kadang bisa jatuh dari arrow rest panahnya ��. Makasig kang sarannya

  9. Kang maaf mau nanya lagi, kalau saya pakai busur 70" dan draw weight 30 lbs serta arrow 1816 itu string nya pas nya pakai yg berapa ply ya? Saat ini saya pakai 16 ply punya cartel fast string, mau saya naikin ke 18 ply pakai 452x apakah pas? Atau pas nya yg ukuran ply berapa ya? Nuwun

  10. Menurut saya untuk pemakaian string selama masih di kelas "fast flight" perbedaannya gak begitu signifikan.

    Yang penting nantinya diameter total string + serving ngepas di nock. Gak kegedean gak kekecilan. Nock fit sangat mempengaruhi akurasi menurut pengalaman saya.

  11. Baru baca lagi, ternyata jawaban saya gak nyambung. Haha…

    Buat ngukur berapa lbs draw weightnya ya pake timbangan. Untuk horsebow biasanya ditarik sampe 30-31 inches.

    Pemakaian string horsebow saya kurang paham. Yang pasti bakal beberapa inches lebih pendek dari panjang busur. Untuk recurve biasanya 3-4 inches lebih pendek. Parameter utamanya adalah brace height. Tentukan berapa brace yang diinginkan lalu ukur stringnya.

  12. kalau pakai busur cartel standar recurve bisa pilih bow apa ya mas di kalkulatornya..? fyi, rentang tangan saya 180cm, untuk arrow bisa pakai easton xx75 yang ukuran berapa ya..?

  13. Sy pake 66" 28 lbs,pake arrow 1616,,tp beut kepanjangan kang,bentang tangan sy 159 cm,,,jadi kira² sebenarnya berapa panjang arrow yg pas buat sy ? Hatur nhun sateu acana

  14. Punten baru bales, kelewat kemaren.

    Panjang arrow bagusnya sesuai draw length kalo terutama kalo pake clicker. Untuk sementara dibiarin panjang gapapa, nanti kalo udah mau pake clicker baru minta tolong temen nandain panjang arrow yang pas di clickernya.

  15. untuk mengisi data kalkulator itu apa aja data yang dibutuhkan dan bagaimana membaca hasil/resultnya.? apakah data hasil hitungan dipakai untuk menentukan panjang anak panah yang mau dipotong? mohon di kasih screen shot keterangan versi indonesia.. belajar menghitung perasaan kok gak pas pas hasilnya he he he eh mohon pencerahan

  16. Kang saya pakai Standar Bow SFOptimo+ 70" 34 Lbs baiknya menggunakan anak panah ukuran berapa ya? saat ini saya menggunakan anak panah dengan diameter 8mm. saya juga mw mengganti string yg skrng pake 12ply menjadi 16ply? mohon pencerahannya terima kasih

  17. kang saya pakai horsebow efg 28" 51 lbs… strung 133 panatsnya pakai arrow spin brapa bagusnya bahan kayu,fiber,alumunium atau karbon… semakin besar nilai spin semakin lentur ya semakin rendah semakin kaku? apa kalau horsebow semakin besar lbsnya lebih baik gunakan yg kaku?? makasih sebelumnya kang..

  18. Sebenarnya parameter yang harus diperhitungkannya banyak, termasuk salah satunya yang terpenting adalah panjang tarikan (draw length) sampeyan dan panjang arrow (kalo niat dipotong buat clicker). Tapi kalo ngeliat sampeyan pake busur ukuran 70 saya asumsikan draw length udah diatas 28 inches. Kalo arrow alumunium mungkin bisa pake ukuran 1816/1916, atau arrow bahan lain yang punya nilai spine mirip2. Coba dulu pinjem punya temen/klubnya. Kalo terbangnya bagus baru mikir buat beli. Sayang kalo udah beli ternyata salah ukuran.

  19. Saya kurang paham masalah horsebow. Yang pasti kebanyakan pemakai horsebow memilih pake arrow berbahan kayu atau bambu, karena sama2 tradisional dengan busurnya.

    Semakin besar nilai spine/deflection artinya arrow semakin fleksibel.

    Semakin berat tarikan busur, semakin kaku arrow yang dibutuhkan.

    Dari saya segitu aja, sisanya silahkan tanya seniornya di horsebow.

  20. Mau nanya, saya pake busur 66-26lbs, DL saya 30", cocoknya pake anak panah 1516 atau 1616 mas. Atau pake spine barapa, newbe nih butuh pencerahan

  21. kang draw length saya 30", pake standar bow 70"-36lbs.. arrow yg saya pake easton platinum plus 1916 karena coba itung2an ternyata dw aktual saya 38lbs…gruping udah enak karena arrow ga terlalu liar spt sebelumnya pakai 1813.. cuma masalah baru muncul, krn arrow ny berat dan diameter nya gede sering banget lepas dari arrow rest.. mau coba ganti pake 1816 cocok ga ya? soalnya tak cek di website easton spine nya yg 1916=623,sementara 1816=756.. haturnuhun sateuacanna kang

  22. Hmm, kalo pake 1916 udah enak dan groupingnya bagus kenapa ganti ukuran cuma karena masalah di arrow rest? Mungkin lebih baik diakalin dulu arrow restnya. Bisa diganti tipe, atau sudut kemiringan restnya diubah. Kalo arrow saya jatoh dari arrow rest biasanya karena nocknya kejepit jari telunjuk dan jari tengah pas hooking. Coba cek hal2 diatas dulu sebelum ganti arrow. Kan lumayan harganya.

  23. Fyi kang ternyata setelah saya cek berdasarkan itung2an diwebsite ini draw length saya ternyata lebih mendekati 29 tapi memang dw aktual saya setelah saya pakai timbangan diposisi anchor 38lbs.. Oya masalah arrow lepas terselesaikan setelah pakai clicker krn lumayan bantu arrow diem diposisi..
    Masalah barunya adalah yg saya rasain dengan dw yg sekarang kalau sudah lebih dari 3 rambahan mulai kacau ga bisa grouping dan susah aiming krn tangan kiri getar di arrow ke 3 rambahan kr 4..rencana saya mau turunin ke 32 dgn asumsi dw aktualnya jadi 34..itu kejauhan ga ya kang turunnya? Kebetulan juga punya arrow ukuran 1813 nganggur cocok ga ya kang?

  24. Itulah kenapa saya selalu menyarankan DW rendah untuk latihan teknik. Saya pribadi punya 3 limbs. 24, 32, 40.

    Buat latihan endurance coba dikurangi dulu jumlah arrow per rambahannya. Misal 3 arrow aja per rambahan, langsung cabut. Kalo udah kuat sampe banyak rambahannya bisa ditambah jumlah arrow per rambahannya.

    Kalo mau nurunin limbs saya saranin dibawah 30 aja. Mungkin 28 pas, cobain pinjem punya temen dulu. Sekalian cobain pake 1813.

  25. haturnuhun kang masukannya berguna banget…
    satu lagi kang mau saya tanyain.. kalau nentuin panjang arrow gimana ya kang idealnya.. soalnya cari referensi di internet koq beda2.. ada yang bilang 1 inch didepan arrow rest ada yg bilang lebih dari itu..
    mau penyesuaian pakai clicker kang.
    NUhun

  26. kang mau tanya, saya pakai busur junxing 177, 30 LBS, kira2 anak panah yang cocok ukuran berapa ya kang? kalau pakai fiber dan carbon? karena kmrn pakai anak panah fiber Bahan Shaft : Fiber Panjang Shaft : +/- 76,5 cm, Panjang panah ( total ) : +/- 80 cm, Diameter +/- 8 mm, Spine 500, tiap kali di reales kok goyang dan agak belok ke kiri kadang ke bawah

  27. Kang Azhar saya mau nanya, saya pake busur Standar bow Cartel SP dengan stabilizer y serta anak panah 1816 namun ketika saya meletakkan anak panah di pusur dengan penopang arrow rest cartel yang plastik kenapa posisi anak panah agak miring tidak sejajar dengan stabilizer y. kira2 ini solusinya bagaimana y. Mohon pencerahan

  28. Gan, saya, punya cartel DL 66 DW 34 LBS. Arrow saya pake Easton Platinum 1716. Apa udah cocok tuh arrownya? Atau kekecilan?

    Sebelumnya saya pake arrow Musen 8mm dan 7mm. Saya lebih cocok yg 8mm,yang 7mm kalau kena target arrownya melambai kiri kanan. Kl 8mm tidak goyang sama sekali..

  29. Pak, sy beli diteman busur Arrouha jati tunggal 25#28 dan diberi 3bj anak panah bambu panjang 90cm. Kl sy sy beli anak panah lagi apa hrs panjang 90cm juga atau boleh yg 80cm?
    (ummuhayyu)

  30. Kang, busur saya ukuran 68/30, selama ini gak pake clicker dan pake arrow 1716, setelah pake clicker ternyata 1716 hanya lebih 2,5 cm dari pinggiran riser (sampe ujung tip), saya paksain clicker panjang kedepan karena motong arrownya tanggung (1 cm), tapi lama kelamaan capek juga narik sampe clicker bunyi, apakah saya tetap pake 1716 dengan motong 1 cm, atau pake 1616

  31. Kang, saya mau tanya nih
    Saya punya busur cartel 68/38 lbs, tapi panjang lengan saya pendek hanya 26", jadi selama ini saya pakai arrow 1716, tetapi setelah pakai clicker hampir 15cm lebih arrow saya kepotong.
    Apakah sebaiknya saya ganti arrow 1616 aja ya gan walaupun lbs bow saya cukup berat?

    Sebelumnya terimakasih banyak kang

  32. Arrow kalo dipotong nanti dynamic spine nya bakal jadi lebih kaku.

    Sekarang panjang arrownya berapa setelah dipotong? Kok banyak amat dipotongnya 15cm?

    Kalo misal panjang arrow dibuat sama dengan panjang tarikan (26 inch), maka menurut itungan saya baiknya pake 1616.

  33. Sekarang setelah dipotong arrow 1716 saya panjangnya jadi 64cm (sudah termasuk nocknya)

    Jadi kalo 64 cm gitu mending pake 1616 aja ya? Tapi kalo 1616 apakah kuat aja buat 36 lbs kang?

  34. Iya sih kang, "pin sight" saya terlalu ke kiri settingnya, dan mungkin karena terlalu kaku jadi terkadang lari arrownya aneh misalkan jarak 30m keatas. Jadi karena ada bebrapa arrow yg larinya seperti itu, jadi hasilnya pun tdk konsisten juga.

  35. Tapi anehnya misalkan saya coba jarak dekat seperti 18m, 15m, bahkan 10m.
    Arrownya itu nancapnya gk berbanding lurus dgn pemanah, tapi seperti mata panahnya agak kekanan dan pantat arrownya kekiri (tdk lurus nancapnya). Tapi masih masuk area kuning sih kang, hanya saja aneh saya liat nancap arrownya miring seperti itu.

  36. Menurut itungan saya malah lebih cocok 1516 kalo 25 inch. Tapi berat arrownya ada kemungkinan terlalu ringan. Baiknya berat arrow di kisaran 7gpp keatas supaya limbs gak cepet rusak.

    Mungkin bisa coba dulu 1616, beli 1 aja. Sayang kalo banyak dan hasilnya jelek.

    Dihitung dulu berat total arrownya dibagi lbs aktual ya, jangan sampe kurang dari 7gpp.

  37. Itu namanya fishtailing. Utamanya disebabkan sama spine arrow yang gak cocok sama busurnya. Juga bisa disebabkan karena teknik release yang kurang halus.

    Spine yang kurang tepat akan sangat terasa di jarak dekat. Karena vanes belum sempet nyetabilin terbangnya arrow.

  38. Berat total arrow itu sdh ketentuan yg di blog diatas kan?
    Terus cara mencari lbs aktualnya gmna?
    Sama juga mksd 7gpp apa kang? Hehee.. .

    Maaf nih kang tanya terus, soalnya masih pemula bgt sama arrow easton😊
    Mohon pecerahannya

  39. Berat total arrow itu sdh ketentuan yg di blog diatas kan?
    Terus cara mencari lbs aktualnya gmna?
    Sama juga mksd 7gpp apa kang? Hehee.. .

    Maaf nih kang tanya terus, soalnya masih pemula bgt sama arrow easton😊
    Mohon pecerahannya

  40. Berat total arrow di kalkulator bakal muncul. Terdiri dari shaft, bushing, nock, point, fletching, insert, dll.

    Cari lbs aktual enaknya pake timbangan digital, tarik sampe draw lengthmu.

    Gpp itu grain per pound. Di kalkulator ada juga. Rumusnya berat total arrow dalam satuan grain dibagi draw weight dalam satuan pound atau lbs.

  41. Susah juga ya harus punya alatnya, hehee.. .
    Ya udah kalo gitu nanti saya coba2 pake 1616 dulu, mudahan aja pas

    Terimakasih banyak kang penjelasannya, maaf merepotkan karena saya banyak tanya, hehee…

  42. assalamu'alaykum pak.
    mau tanya saya pakai busur 66inch 28lbs.. tinggi saya 168 cm draw length saya 26.4 inch. kira2 pakai anak panah ukuran 1616 atau 1716 ya pak?

  43. Assalamualaikum pak.
    Mau tanya saya pakai busur ilf limbs 70/40lbs tarikan jdi naik 44lbs panjang arrow 73cm.mau tanya spin yg cocok buat busur sy spin berapa?untuk Arrow x10

  44. Assalamualaikum pak.
    Mau tanya saya pakai busur ilf limbs 70/40lbs tarikan jdi naik 44lbs panjang arrow 73cm.mau tanya spin yg cocok buat busur sy spin berapa?untuk Arrow x10

  45. Assalamualaikum. Kang AZHAR…. MUGIYA DAMANG….
    Saya dr beberapa bulan lalu selalu aja buka tulisan Akang di web ini… Tertarik dengan penjelasan2 yg simpel tapi mak JLEB…(Point pas di 10) he..he…
    Pengen ikut nanya nih… DL saya 28", saya pakai cartel, string fastlihgt. (di limbs nya tertulus 64/43… 68/32. Riser klau ditarik lurus meteran 60cm/23,5" (berarti saya pakai riser 24"?)
    Berapa berat lbs busur saya? 32/34?
    Saya pengen pakai arrou easton platinum. saya sebaiknya pakai yang ukuran berapa?
    – Saat ini saya pakai fiber musen MSJB-7 spine 700 dan Musen 31 incnes 700. Kendala/bukan jika arrow saya terbangnya ga lurus, tapi meliuk2 kaya ular (he..he…) jadi kadang nancapnya juga ga lurus, miring2. Saya nembak dari selatan/kidul, nancapnya kadang dari arah pojok barat daya, kadang dari tenggara.
    Sakitu huela… Ngke nambah mun masih keneh pabaliyut… he..he.. Hatur nuhun…. wassalam…

  46. Assalamualaikum..nanya dong kang, sy baru mau pake busur 68/26, panjang tarikan saya krg lbh 28", kira2 cocok pake arrow yg berapa? Atau yg spine berapa? Smntr sdh pnya yg 1716 dan 1616 merk True Armor, mksh sebelumnya

  47. Kang mau tanya, arrow easton tribute saya agak bengkok karena kena tembok. Cara meluruskan gimana? Saya sudah coba urut, tapi tidak berhasil, kalau pake straightner juga kata teman tidak akan membantu, karena bengkoknya lumayan parah. Mohon solusinya. Terima kasih

  48. assalamu'alaikum..salam kenal kang. saya pemula rencana mw beli standard bow 70"28lbs, draw length 30"..jenis arrow yg cocok utk type bow saya apa ya?syukron.

  49. kang saya pake cartel 70-28 draw lenght sekitar 28an, pake arrow 80cm spine 1000 diameternya sekitar 4-6 kalo full draw nancepnya miring ke kiri gitu kalo 80-90% baru lurus, itu ga cocok ya? yang cocok apa ya? terima kasih

  50. Assalamualaikum..
    Kang.. Tinggi saya 167cm,panjang rentang tangan saya 68inch,
    Saya pakai standarbow 68/32
    Panjang drawleght sy sekitar 28" kang..
    Saya mau beli arrow tapi gak tau ukuran yg pas buat sy.
    Kira2 arrow easton tribute/platinum yg pas buat saya ukuran dan spinenya brapa ya kang..?
    Mohon sarannya kang..

  51. Assalamualaikum kang…
    Kalo ane punya junxing f155 66' 26lbs pnjg tarikan +- 28 pake arrownya jenis apa ya? (1616 atau 1716)
    Maturnuwun 😀

  52. Kang mau nanya saya kan baru masuk ke penahan dan saya udh beli standar bow tpi yang pvc dengan 30lbs..
    Saya pengin pindah ke CartelSP. Lalu lebih baik ukuran berapa? Tinggi badan 173 cm..

  53. Assalamualaikum om…maaf nanya lg ni saya rencana mau ganti busur dgn ukuran 68"/28lbs pnjg tarikan saya +- 26'' cocok ny pake arrow yang spine berapa om… makasih sebelumnya…

  54. om nanya ya…saya pake limbs ukuran 66/28 trus panjang rentang tangan -+ 170, tinggi 172 cm…cocok pa gak? trus arrow nya yg pas untuk saya spine brpa ukuran panjang brapa.? mudah mudahan dijawab amin…:D

  55. Assalamu'alaikum om… mohon infonya ni om…saya jadinya pake busur 68"/32lbs…DL 26" Arrow yang cocok spine brp om…??? skrg saya pake yang spine 700…

  56. makasi kang masukkan nya..sayang limbs udah beli yg 66/28 hehe…kedepannya mudah mudahan kebeli…amin. makasi kang ilmunua bermanfaat, semoga Allah memberikan tambahan rezeki yg halal lahir bathin aminnnnn

  57. Assalamu'alaikum. pertanyaan saya pada prinsipnya sama dengan yang lain yakni ingin menanyakan berapa ukuran arrow yg harus saya pakai. saya pake standar bow 68" 36 lbs dan draw lengt saya 28 inchi. mohon penjelasaannya

  58. Kang azharvyg dimaksud spine wing tuh apaan, kalau saya punya busur 68/38 kira2 arrow yg cocok brp ya 16*16 atau spine 700

  59. Kang azhar kalau ikut tunamen, apa boleh vane arrow pakai bulu?
    Recurve saya 68/38 kalau pakai platinum trus diberi spinwing apakah rekomended?

  60. Pakai 16/16 nggak ada masalah kang, oia kang kalau lihat di youtube indoor turnamen, arrownya kok buesar2 diameternya itu ukuran brp an, kalau pakai standard bow 68/34 atau recurve 68/37 cocok nggak u/indoor 18m (arrow yg berdiameter besar itu)?

  61. Pakai 16/16 nggak ada masalah kang, oia kang kalau lihat di youtube indoor turnamen, arrownya kok buesar2 diameternya itu ukuran brp an, kalau pakai standard bow 68/34 atau recurve 68/37 cocok nggak u/indoor 18m (arrow yg berdiameter besar itu)?

  62. Maaf nimbrung…karena sya juga pake junxing f179 45 lbs…arrow yang pas yg seperti apa yah??
    apa kalau draw weightnya makin tinggi…spinenya makin rendah (makin kaku)??

  63. Assalamualaikum.. Mau tanya nomor arrow yg cocok untuk sy.. Tinggi sy 163, pake busur 68/32 tapi mau upgrade ke 68/34, DL 28. Kalau arrow dipotong sesuai DL, cocoknya ukuran berapa?

  64. Ass kang,salam kenal,saya mau tanya,anak saya pakai busur cartel 66/18 rencana untuk kedepan mau full set,arrow ukuran 1516,kalau di pasang kliker apa artow nya harus di potong mks

  65. Waalaikumsalam. Untuk pemakaian clicker emang baiknya arrow dipotong sesuai draw length. Tapi karena anak cepet tumbuhnya, mungkin lebih baik kalo dilebihin sedikit dan pake clicker extender.

    Saya gak yakin bakal lebih cocok 1416 atau 1516 kalo mau dipotong. Dicoba dulu aja 1 biji om.

  66. Assallamu alaikum kang ….
    Saya pakai busur standarb bow X CORE 66/34lbs, tinggi badan 165cm, rentang tangan saya normal..kira2 pake ukuran arrow yg cocok, berapa yaa?
    Hatur nuhun

  67. mas..saya pakai busus junxing f155,lbs 40.saya mau coba menembak jarak 20meter-30 meter kira kira arow ukuran berapa yg saya pakai mas….terima kasih atas waktunya…

  68. coach,panjang tarikan 24"yang cocok berat tarikan busur yang berapa,anak panahnya yang cocok ukuran apa ? (busur standar bow)

  69. Kang hapunten nanya. Saya sebelumnya pengguna horsebow. Baru2 aja memulai recurve Cartel ukuran 6630. Draw length saya 27".

    Saya pakai arrow carbon mix tertulis spin 500. Kenapa tiap nembak di jarak 18m, anak panahnya nancap di target miring ke kanan? grouping sdh konsisten. Beda kalau saya pakai anak panah kayu di target nancap lurus.

    Catatan: kalau jarak 10 meter, arrow carbon menancap lurus.

    Apa penyebab arrow menancap miring tersebut?

    Rekomendasi akang, kalau saya mau oakai arrow platinum harushya ukuran berapa yg cocok?

    Hatur nuhun.

  70. Assalamualaikum bang, sy lebih fokus di horsebow, cuma sy liat dlm penentuan arrow tidak berbeda jauh dgn standar bow.
    Yg mau sy tanyakan,
    – menentukan busur yg cocok itu standar nya kita tarik tahan brp detik sampai bowhand tdk bergetar?
    – brp foc terbaik untuk jarak jauh 70 m?

    Terima kasih atas artikel2 panahan nya yg sangat bermanfaat.

  71. Lieur nih….baru mulai panahan….pake maximo 66 28lbs anak panah mussen 6mm…standar blum dipotong…anak panah terbangnya gak bagus. Mohon info kang

  72. Saya guna arrow spine 600 untuk busur recurve 54″ 35lbs dan 56″30lbs untuk prektis jarak 10 ke 15 meter..ngam..untuk spine 500 saya guna utk busur recurve 66″ 36lbs..jarak 15 ke 30 meter..ngam..

  73. Assalamu’alaikum pak Azhar, saya bingung mau beli easton platinum ukuran apa, kata penjualnya kl 24/30 lbs k bawah bisa 1616 tp Kl 36 lbs bisa 1716 krn diameternya, trus sy tanya lg katanya krn berat tarikannya?
    trus sy baca2 cocok 1716 tp kl mau potong 1616, itu maksudnya bgmn ? Atas jwbnnya sy ucapkan terimakasih, Waalaikum Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *