July 24, 2024

Apa arti SPINE / DEFLECTION pada arrow / anak panah?

 

Spine / Deflection pada arrow adalah pembengkokan arrow ketika didudukkan pada jarak dan beban tertentu. Hal ini SANGAT MEMPENGARUHI archer paradox dan cara arrow terbang ketika ditembakkan dari busur.

Ada standar khusus untuk menghitung ini, biasa disebut standar ASTM (nama lembaga yang bikin standar). Untuk arrow selain bahan kayu/bambu, cara ukurnya adalah sebagai berikut:

Arrow didudukkan di dua penyangga yang berjarak 28 inch. Panjang arrow minimal 1 inch lebih panjang dari jarak dudukan. Lalu di tengah2 arrow diberi pemberat 1.94 lbs. Arrownya kan bakal bengkok tuh. Nah, jarak pembengkokannya itu yang diukur dalam inch.

 

Tapi kita gak usah capek2 tes sendiri, karena biasanya dari pabrik udah ada data lengkapnya. Ini contoh untuk arrow Easton Platinum:

 
Semakin RENDAH nilai spine / deflection nya, berarti arrownya semakin KAKU. Ya logika aja kalo bengkoknya dikit pas dikasih beban berarti arrownya kaku. Dan sebaliknya.
 
Sedikit gambaran, kalo misal kita pake arrow yang terlalu kaku. Arrow akan belok ke kiri (untuk archer tangan kanan, bukan kidal). Dan sebaliknya arrow akan belok ke kanan kalo terlalu fleksibel. 
 
Selama pake fletching (vanes atau bulu di belakang arrow) sih gak akan begitu kentara. Tapi pas fletching dilepas untuk bare shaft tuning (nanti dibahas di sesi tuning), arrow bakal menggila, melenceng jauuh!
 
Intinya: PILIH ARROW GAK BISA SEMBARANGAN!!! pasti ada alasannya toh kenapa pabrik bikin arrow dengan berbagai ukuran. Gimana cara memasangkan bow dan arrow yang cocok? Baca disini: https://papatembak.com/2016/06/bagaimana-cara-memilih-anak-panah-arrow-yang-tepat-untuk-busur-bow-anda-perkenalkan-dynamic-spine-calculator.html
 
 
 
 
Nya kitu weh,
Azhar A. Suryadiningrat

46 thoughts on “Apa arti SPINE / DEFLECTION pada arrow / anak panah?

  1. Mantap, blognya sangat bermanfaat, banyak belajar dari sini.
    Mau nanya kang, diatas dijelasin nilai spin itu jarak pembengkokan (dalam satuan inchi), tapi di market online banyak spek yang nulis spin 300, 500, dsb. Itu maksudnya gmn ya? apa dikonversi ke jarak (inch)? nuhun

  2. bisa minta tolong om?? anak saya sekolah dasar memakai riser 24 dan dan limb 66-28lbh. panjang tarikannya 54 cm/21.25 inci. setelah saya hitung dengan cara ente berat tarikan real nya 19lbh <<benarkah hasil hitungan saya itu?. saat ini memakai easton platinum 1516 dengan panjang 59cm.
    setelah saya pikir pikir apa lebih cocok pakai 1416 dengan panjang 59cm.
    kalau tidak keberatan minta tolong dihitungin. soalnya saya bingung ngitung dan membaca pake kalkulator inggris itu om.

  3. Secara itung2an udah bener. Cuma pada kenyataannya kadang beda dikit2. Kalo mau hasilnya bener2 tepat tinggal diukur pake timbangan digital gantung. Di tokopedia pun kalo gak salah harganya cuma 25 ribuan.

    Untuk pemakaian anak panahnya, karena dipotong pendek sekali (59 cm = 23,2 inch) jadi arrow bakal jadi kaku banget (dynamic spine). Kalo pake 1516 masih terlalu kaku. Pake 1416 juga kalo pendek begitu masih sedikit terlalu kaku tapi masih bisa dituning.

  4. makasih penjelasannya om… gamblang banget. kalau dipotong 25 inci(63.5cm) tangannya gak nyampe om. ini aja klikernya dah ditambahin plat di luar kayu risernya.miring ke kedepan.kalau nambah 4cm lagi klikernya gak bisa dipasang di kayu handle nya. maksimal nambah 2 cm om itupun clikernya jadi agak tidur gitu.

  5. Hmm, kalo mau sih diakalin pake ekstensi lagi tempat nempel clickernya kayak punya saya. Gambarnya ada di artikel ini: https://www.papatembak.com/2016/08/cara-memasang-nocking-point-pada-string.html?m=1

    Tapi kalo anak dan belum serius mengejar prestasi sih pake yang ada udah cukup. Nanti dia tumbuhnya juga cepat, draw length bertambah, draw weight juga dikit2 nambah. Jadi menurut saya belum perlu disesuaikan banget itung2annya. Maksud saya alat belum perlu dituning sempurna, karena masih mengejar teknik memanah yang baik. Peralatan menyusul.

  6. iya om sambil belajar matengin tekniknya dikit dikit alatnya diperbaiki. prestasi banget sih nggak. cuma baru turun sekali di tingkat kabupaten cuma juara tiga. dapet emasnya di no 20 m. makasih banget ilmunya kalau besok nemuin kesulitan lagi masihh boleh nanya nanya kan om??

  7. Saran saya potong anak panahnya jangan terlalu pendek. Biar agak panjang nanti clickernya pake ekstensi.

    Kalo anak panahnya 1416 dengan panjang BOP 25 inch (63,5 cm) lebih baik.<<<< dengan ukuran itu sebaiknya memakai sayap yang besar apa yang kecil om,?? atau mesti di ukur dulu dengan rumus yang ente tulis tentang berat depan dan belakang itu om?

  8. waktu maju popda tingkat karesidenan anaknya ngedrop om.. nangis tersedu sedu sambil nembak karena gagal … diketawain banyak orang karena nangis, aku sih maklum baru pertama turun di pertandingan, dilatih babaknya sendiri modal dari google terutama artikel artikel ente

  9. Ukuran vanes selama masih wajar gak berpengaruh banyak ke nilai dynamic spine juga FOC.

    Untuk pertandingan indoor atau jarak dekat (20 meter kebawah) saya saranin pake vanes yang agak gede. Misal easton diamond 235. Karena penyetabilan anak panah bakal lebih cepat.

    Untuk pertandingan outdoor jarak 30 meter keatas saya saranin pake vanes kecil semacam easton diamond 175. Supaya gak terlalu terpengaruh angin.

  10. makasih penjelasannya. sementara pakai arrow yang lama walaupun dah pada gak lurus, ini mau ganti vanes nya aja dulu,,, lum punya duit untuk beli aroow yang baru. ntar menjelang pertandingan om ganti arrow nya. arrow bengkok semua gara gara box ambruk kena angin. setelah teknik-tekniknya saya benerin sesuai tulisan tulisan ente, skornya meningkat jadi 250 6 rambahan 6 arrow. mungkin kalau alatnya fix dan di tuning bisa meningkat lagi. makasih banyak om saran sarannya

  11. setelah beli arrow 1416 seperti saran ente dan tak potong 63.5 cm ketika di coba larinya kakanan ampe mentok fisir gak keliatan tetep masih disebelah kanan. apa terlalu lentur om?

  12. belum tuning maksimal sih he he eh he tapi anak panah itu kalau dipakai adiknya dengan limb 24 bagus larinya. kayaknya salah ngitung di berat tarikan realnya. Adakah batasan berat tarikan tertentu harus memakai anak panah dengan ukuran A

  13. Kang saya pakai horsebow 41#29" kalau pakai mussen carbon 500 apa cocok, sebelumnya pakai carbon polosan tembakan lurus sempurna, cuma memang agak diangkat dikit bow di 30m, mohon ilmunya

  14. assalamu'alaikum
    mau tanya apa mungkin nilai spine berubah setelah arrow sering dipakai…
    anak saya DLnya 21àn inchi pake busur 62 inchi 26lbs dengan arrow fiber spine1000…awalnya arrow melaju lurus mengenai target kuning tp lama2 kok arrow melaju sperti nock mau mendahului point…hasilnya menancap dimana2…setelah saya ukur dengan metode pengukuran spine di blog ini ternyata arrow melengkung jd 1,5 sampe 2 inchi…pas waktu beli gak diukur sih…
    arrow dipakai tiap hari selama 3 bulanan ini…

  15. saya pakai busur standard bow ukuran 70/36. cara tentuin anak panah (platinum) yang cocok gimana, maaf saya kurang ngerti sama perhitungan dan kalkulatornya. apakah anak panah platinum 1816 panjang 80cm cocok?

  16. Suhu saya baru belajar memanah menggunakan panah standart ukuran 70 inc dgn Draw weight 22 lbs.. kira kira anak panah yang pas menggunakan ukuran berapa dan berbahan apa.. trims

  17. Kang..
    Saya pemula.

    Saya pake cartel 24 / 68.

    Saya mau beli anak panah musen aja yang murah.
    Diameter dan spine yang cocok berapa ya?
    Kedah di jawab..
    Xixixixixi

  18. bagaimana efek laju dr arrow yg terlalu kaku? anak saya pake 62/30 dengan arrow 1516 dipotong 51cm. arrow melayang berbelok2.. apakan terlalu kaku?

  19. Bang guru mohon bantuannya anak sampeyan sampai ga jarak 30 40 dan 50 meter dengan fisir dalam target…dgn lbs 19 dengan limb 66/28 dan risernya 24…emang draw lenghtnya berapa…

  20. Mau tanya untuk sampai jarak 30 40 dan 50 anak saya harus makai busur berapa ya saat ini makai riser 20 dgn limb 66/28 dgn draw lenghtnya pendek…kalo jarak 30m fisir masih dlm target tp kalo jarak 40 dan 50 fisirnya diluar target…mohon bantuannya agar bisa fisirnya dlm target untuk jarak 40 dan 50m

  21. Mau tanya
    Kalau Arrow spine 700 itu di potong awal panjang 72 di potong menjadi 68" apakah spine akan berubah?
    Terimakasih

  22. Halo om, apa masih aktif menulis blog?
    Saya pemula nih om, lagi make recurve 68/28lbs. Mau tanya arrow yg bagus itu carbon spine berapa ya? Terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *