July 24, 2024

Panjang Tarikan/Draw Length Saya Berapa Sih? Gini Cara Taunya.

Panjang tarikan/draw length itu ada 2 macem:

1. Panjang tarikan hasil itung2an (calculated draw length)

Gini cara ngitungnya: Bentangkan tangan kayak mau senam SKJ, telapak tangan dibuka maksimal dan ngadep depan. Rileks aja yah, biar pengukurannya bener. Kasih tanda ujung sampe ujungnya, terus ukur dalam satuan inch. Hasil ukurnya bagi 2,5. Bulatkan ke setengah inch terdekat.

Contoh:
Panjang rentang tangan saya 172 cm = 67,7 inch.
67,7 inch : 2,5 = 27,08 inch. Dibulatkan ke 0,5 inch terdekat = 27 inch.

Dari hasil perhitungan ini kita udah bisa pilih ukuran bow ideal buat kita pake (olympic style recurve bow, standard bow juga sama):

14″ sampe 16″ = 48″
17″ sampe 20″ = 54″
20″ sampe 22″ = 58″
22″ sampe 24″ = 62″
24″ sampe 26″ = 64″ atau 66″
26″ sampe 28″ = 66″ atau 68″
28″ sampe 30″ = 68″ atau 70″
31″ keatas = 70″ atau 72″
*keterangan: angka di sebelah kiri adalah angka hasil perhitungan diatas, angka sebelah kanan adalah panjang busur yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan kombinasi ukuran riser dan limbs yang tepat bisa liat disini: https://papatembak.com/2016/06/arti-spesifikasi-limbs-pada-standard-bow.html

Lebih bagus lagi pilih bow berdasarkan panjang tarikan aktual sih (dijelasin dibawah ini), tapi biasanya pemanah nubie actual draw length yang optimalnya belum tercapai, karena narik bownya juga masih kerasa berat atau tekniknya belum bener. Biasanya lama2 actual draw lengthnya nambah. Jadi ya pake calculated draw length juga udah cukup.

Saya sendiri menurut itung2an draw length saya 27 inch, actual draw length waktu awal mulai memanah juga 27 inch. Sekarang setelah terbiasa sama berat tarikan/draw weight busur, actual draw length saya jadi 28 inch.

2. Panjang tarikan aktual/actual draw length (menurut standar AMO/ATA)

Menurut standar AMO (Archery Manufacturers Organization) yang sekarang udah ganti nama jadi ATA (Archery Trade Association), actual draw length adalah:

Jarak saat full draw/anchor, dari cekungan nock (nock grove) ke titik terdalam handle/riser (pivot point) ditambah 1,75 inch.

Yang namanya cekungan nock
Jarak dari nock grove ke pivot point disebut Draw Length Pivot Point (DLPP)

DLPP + 1.75 inch = Actual Draw Length

Ngukurnya bisa dilakukan dengan 2 cara. Keduanya pake arrow yang agak panjang. Ya minimal 2 inch lebih panjang lah dari calculated draw length hasil ngitung tadi.

  • Cara pertama, tarik busur sampe anchor dengan teknik yang benar kayak gambar diatas ini. Terus suruh temen nandain arrownya pake spidol 1,75 inch dari pivot point. Pivot point biasanya sejajar sama lubang plunger atau arrow rest. Tapi susah kan kalo harus ngukur2 dulu? Apalagi tangan si Archer udah gemeteran nahan beban, haha… Untungnya busur recurve modern biasanya udah dipermudah, jarak pivot point dan pinggiran riser dibikin pas 1,75 inch. Jadi nandain spidolnya pas di ujung handle/riser aja, Ulangi beberapa kali, cari yang paling konsisten sebelah mana. Karena biasanya suka berubah dikit2.
  • Kalo gak punya temen (kasian banget sih idup sendiri) bisa dilakukan sendiri juga. Cari kertas yang agak tebel atau kardus bekas Indomie, terus tancepin di arrownya sampe 1/3 panjang arrow lah kira2. Tarik busur sampe anchor, biarin si kardus kegeser sama pinggiran riser. Abis itu ukur arrownya dari cekungan nock sampe si kardus tadi. Beti2 lah sama pengukuran cara pertama.
Kalo teknik kita udah konsisten, boleh dipotong tuh arrow supaya enak pake clickernya.

Lapar tapi rek meuli dahar teh ngadon hujan,
Azhar A. Suryadiningrat

70 thoughts on “Panjang Tarikan/Draw Length Saya Berapa Sih? Gini Cara Taunya.

  1. pak, mau nanya lagi ya…
    setelah saya itung, calculated draw length saya 26,76", berarti masuk yang 26" sampe 28" = 66" atau 68"….
    lha, bagusnya saya ambil yang 66" ato 68"?

    mohon saran nya…
    makasih…

  2. Sebenernya gak masalah mau pake 66 atau 68 pun. Tapi pengalaman saya, kalo suatu saat om mau jual, barter, atau tukar tambah agak susah kalo 66. Banyakan orang yang pake 68. Jadi menurut saya mending pake 68 aja.

  3. Kang sy dapat hitung²anya 25",,jadi kira² sy bagusnya pakai 64 atau 66 ? Kalo buat pemula draw weightnya 28lbs keberatan ga kang ? Hatur nhun sateuacana

  4. Saya saranin pake 66 aja. Kalo yang 64 risernya harus ganti. Ukurannya gak umum. Salah satu efeknya nanti kalo mau jual agak susah.

    Masalah draw weight biasanya saya saranin 24lbs. Tapi karena om draw length nya pendek jadi pake yang 28 juga gapapa. Karena nanti aktualnya bakal kurang dari 28lbs.

    Bisa dibaca disini artikelnya: http://papatembak.blogspot.co.id/2016/06/perubahan-berat-tarikan-draw-weight.html?m=1

    Oia, kalo butuh peralatan panahannya boleh hubungi saya di WA 081321041212.

    Mau tanya2 doang atau konsultasi lebih lanjut juga boleh.

  5. Kang panjang draw lenght saya 28", tinggi sya 176 cm, saya biasanya pakai busur 70", tapi saya pengen beli busur yg saya suka dan kebetulan ukurannya adanya 68" aja kang, gak papa kah? Masih masuk gak kang? Suwun

  6. Udah pernah pake busur 68? Kalo saya berprinsip bahwa panahan itu harus senyaman mungkin. Tulisan diatas cuma tuntunan standar, kebanyakan orang biasanya cocok. Kalo lebih nyaman pake yang lain ya silahkan. Lagian 68 masih masuk sih kalo draw length 28". Saya juga DLnya 28" dan pake 68.

  7. Dulu awal2 saya latihan memanah itu di klub busurnya pakai 68" semua kang, saya sih ngerasa enjoy2 aja ya hehehe, paling agak kawatir usia limbs nya jadi berkurang atau lebih cepat "lembek" karena efek ketarik lebih panjang aja ya kang?

  8. mas tolong, sy pengen punya bow. sama sekali blm prnh megang atau latihan. sy lihat di intrnt ada compound bow dgn tulisan 20-70 lbs. itu maksudnya bisa disetel ya mas? mungkin kisaran 25 lbs utk pemula?

  9. Compound saya kurang begitu paham. Tapi biasanya emang range DWnya yang bisa disetel agak jauh. Agak berat pun kayaknya gak masalah karena ada fitur let off nya. Pas anchor jadi lebih ringan.

  10. Kang, kalo saya hitung pake calculated draw (yang dibagi 2,5) dapet 27,5 inch, terus ukur pake metode arrow yg ditancepin kardus dapet 29 inch. Berarti bow saya idealnya pake ukuran brp ya? Syukran

  11. Assalamualaikum,
    Pak, klo DL saya 28", bagusnya saya cari Bow yg ukuran berapa ya ? (ukuran riser dan ukuran lbs nya). saya termasuk pemula di memanah ini, baru pernah nyoba pake 24lbs terima kasih.

  12. Saya hitung saya 26 kang…jadi yg pas buat pemula sprti saya yg 64 atau 66 kang? Kalau mau tukar tambah busur dimana ya kang,sy punya busur uk.54..salah beli saya waktu itu?ga ngerti ukuran,jadi kekecilan..trmksh

  13. Assalamu'alaikum,
    Kang, yg dimaksud panjang busur (58",62", 66", dst.) itu ukuran dari nock ke nock dg string terpasang atau busur tanpa string (unstrung)..?
    Kalo unstrung cara ngukurnya gimana, apakah ngikuti bentuk kurva busur (utk recurve bow) atau ditarik garis lurus dari nock ke nock..?
    Nuhun.

  14. Saya itung 27,6 sya sudah beli busur 66 tp kok berasa over drawing ya? Tmbah berat apa nariknya g konsisten ya?
    Klo pke string yg busur 68 gmn? Untuk menanggulangi beban tarikan yg keberatan?

  15. Masih normal aja kok pake 66 juga kalo DL segitu. Kalo mau coba pake 68 juga gak masalah.

    Kalo terlalu berat coba diganjal limbsnya (tanya sama yang paham, karena kalo salah bisa retak limbsnya).

    Kalo terlalu berat banget mending ganti limbs aja ke draw weight yang ringan.

  16. Assalamualaikum om…
    Mau tanya nih, saya hitung DL nya 26,6. Menurut om pake busur 66"/68"? Terus untuk pemula baiknya DW nya berapa ya? Thx

  17. Gan mau tanya..kalo ukuran busur 68 itu panjang limbnya masing2 brpaan gan..(dlm in atau cm )sy agak bingung cara nentuin panjang limbnya..tq.

  18. Kang, mau tanya. hasil perhitungannya 25,6. Naah..saya baiknya pake busur yang 66" ato 68" ya? Kemudian sekalian mau tanya kalo busur merek INITECH 2 (GEOLOGIC) bagus ga? Terimakasih

  19. Permisi saya mau nanya, saya dapet ukuran 24,8 inch jadi pake busurnya ukuran berapa ya ?, trus pake berat tarikan berapa lbs ?

  20. 30 lbs nggak papa. Sy dulu pertama megang panah pakai 26 lbs, stelah itu terbiasa dgn 30 lbs dan itu lebih nyaman krena larinya anak panah tidak perlu ditembakkan ke atas kalau jarak jauh. Kalau yg 24 lbs nti dlam beberapa hari anda pasti pengen ganti ke 30 lbs.

  21. Lbs itu berat tarikan. 40 lbs itu berat bgt lho gan, kalo ente baru mw nyoba panahan, jangan pake itu, ntar jari ente sakit dan gk bs menemukan feel tekniknya. Berat badan itu gak pengaruh, yg pengaruh tingginya. Ane dlu awalnya pake 26 lbs awalnya. Tinggi ane 170 pke ukuran limbs 66, kalo ente pke 66 boleh 64 ya boleh. Yg pnting jgn pke dibawah 64 krn kekecilan dan mgkin bs patah.

  22. Saya kemaren beli limbs junxing f179, tapi gak kebayang kalau 40lbs itu berat banget, sbeleumnya pakai 35lbs, ada yg mau tukar tambah dengan 30lbs, atau ada yg mau beli limbs saya 40lbs?
    Bila berminat mohon DM saya di instagram "Dimas Rahdan Harsi" Atau email saya dimasrahdanharsi3@gmaill.com

  23. Bang Azhar sy pemula pake sirius cartel 68, 26 lbs, tpi dah nyaman. sy pake carbon 4.2 sp 500 6mm tpi larinya suka melayang/gak lurus walau kadang kena sasaran. mohon ulasannya. tx

  24. Assalamualaikum abang sayang gabung juga ni…kalo tinggi saya 167 itu bagusnya pakai ukuran berapa dan lbs berapa soalnya saya pemula jazakullah.

  25. Halo Gan,

    Tadi saya coba ukur DL saya Masuknya ke 39,97 Inc, saat ini saya sudah memggunakan 70 32 hanya arrow masih belum ada yang cocok, kalau pakai carbon apakah baiknya spin 800 keatas?

    Salam

  26. Assalamu’alaikum
    Anak saya ikut latihan dari SMP, pakai busur ukuran 62/18, karena sekarang sudah SMA dan jauh bertambah tinggi, dia ingin ganti busur nya dng ILF, ukuran berapa yg cocok untuk nya, jika saya hitung dng rumus draw length di web ini, maka seharus nya menggunakan busur 66″

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *