July 24, 2024

Cara Tuning Finger Tab

“Hah?! Finger tab dituning?”

Bukan tuning sih, kata “trimming” lebih pas buat proses ini. Tapi jawabannya adalah IYES, finger tab perlu dibuat se-pas mungkin. Sampe hal sekecil ini juga diperhatiin di olah raga panahan, gak boleh sembarangan kalo mau hasil yang optimal. Finger tab yang terlalu besar/lebar bisa menyebabkan gesekan yang tidak perlu terhadap string, yang nantinya bisa mempengaruhi terbangnya arrow/anak panah. Selain itu finger tab yang kegedean biasanya suka ngejepit nock, yang bisa mengganggu akurasi juga. Finger tab yang terlalu kecil bisa menyebabkan iritasi kulit karena jari tidak terlindung dari gesekan string waktu release. Dari segi kenyamanan juga kalo terlalu gede atau terlalu kecil ya pasti gak nyaman makenya.

Artikel ini sebenernya cuma terjemahan dari artikel di link di bawah ini, bantu2 yang kurang paham bahasa Inggris aja.
https://drive.google.com/open?id=0B-xEfWcoE5oZU2EtamRTdlNKc28

Tips pertama dari saya, kalo belum pernah ngelakuin mendingan cobanya pake finger tab murah dulu. Kalo langsung pake yang mahal ntar nangis kalo gagal. Kecuali kamu orang kaya. 😀

Langsung yah…

Pertama, tandain pake spidol kira2 3-6mm dari jari pas posisi narik string. Pastiin posisi tangan udah bener2 pas seperti biasa kalo kita pake finger tab.

Terus gunting kedua lapisan kulitnya. Hati2, kalo udah digunting gak bisa dibalikin lagi. Kan sayang kalo finger tab 800 rebu guntingnya kebanyakan. Hahaha…

Proses diatas masih kasar, perlu dihalusin lagi. Caranya cobain pake nembak beberapa kali. Gunting lagi sampe ngepas banget buat ngelindungin jari. Gambar dibawah ini masih banyak lebihannya.

Selain itu, jangan sampe nock kegencet sama kulit finger tab diantara telunjuk dan jari tengah.

Trimming masih kasar, masih kepanjangan. nock juga masih bakal kejepit.

Selain kulit finger tab yang melindungi ujung jari, kulit yang bagian atas dan bawah (1 & 4) juga harus dipapas biar gak ganggu anchor.

Bagian diantara nomor 2 dan 3 dipapas juga biar gak ngejepit nock.
Kulit bagian nomor 1 harus dipapas biar gak ganggu anchor.
Kulit bagian nomor 4 juga dipasin dengan lebar jari manis.
Tali yang ngiket jari tengah juga dipasin aja sisanya. Gunting terus bekas guntingannya dibakar biar gak murudul.

Jeng jeng jeeeeng… Jadi deh! Keliatannya emang pendek kalo jarinya dilurusin, tapi bakal ngepas ukurannya kalo jarinya ditekuk ketika megang string.

Nock gak kejepit.

NB:
– Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
– Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha…

Usaha naon atuh nya?
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.com

8 thoughts on “Cara Tuning Finger Tab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *