July 24, 2024

Cara Pengaturan Sight/Fisir pada Busur Recurve/Standard Bow untuk Pemula Banget

Buat pemanah yang baru banget pake sight/fisir mungkin masih bingung gimana cara settingnya. Yang perlu saya garis bawahi adalah settingan fisir itu tiap orang berbeda2. Karena teknik atau minimal postur/anatomi tubuh orang yang menggunakan juga pasti berbeda satu sama lain. Cara pegang string, posisi mata, posisi anchor, dll akan berbeda walaupun cuma sedikit.

Kalo sama sekali belum pernah bagusnya didampingi sama orang lain, lebih bagus lagi kalo sama yang udah berpengalaman.
Gambar 1. Bentuk sight/fisir pada umumnya, yang ini merk KAP winstorm
A = aperture
B = baut pengunci biar aperture gak berubah lagi setingan kanan kirinya
C = pengatur kanan kirinya aperture (fine/halus)
D = pengatur atas bawahnya aperture (coarse/kasar)
E = pengatur atas bawahnya aperture (fine/halus)
F = baut pengunci aperture biar gak bisa geser atas bawah lagi
G = lubang pengaturan panjang sight/fisir
H = skala tinggi sight/fisir
G = lubang pengaturan panjang sight/fisir
I = Baut buat ngunci setingan panjang fisir
Langkah pertama: atur panjang sight/fisir

Untuk fisir yang long/panjang, biasanya ada 6 atau lebih lubang untuk mengatur panjang fisir. Semakin panjang fisir bakal semakin akurat karena fisir bakal lebih deket ke target. Tapi kalo ada gerakan dikit aja si pointer/aperture bakal geser banyak. Kalo buat pemula diatur pendek aja karena biasanya tangan belum bisa stabil pas megang bow/busur. Itulah kenapa sight/fisir anak atau pemula biasanya pendek.
Langkah kedua: geser kiri atau kanan si aperture.
Pertama2 longgarin baut pengunci (B) lalu atur posisi aperture (A) tepat diatas ujung arrow/anak panah pada saat busur dalam posisi rileks (belum ditarik). Kalo misal harus geser banyak, puter aja itu aperture pake tangan kayak baut. Sambil pegang benda yang C karena suka ikutan muter.
Bikin kurang lebih kayak gambar dibawah ini, abis itu bisa dikencengin lagi baut penguncinya (B).
Pengaturan posisi aperture ditaro pas diatas ujung arrow
Langkah ketiga: geser atas atau bawah si aperture.
Sekarang atur tingginya (H). kendorin baut pengunci (F) terus geser sampe skalanya kira2 di 1,5an kayak di gambar 1. Abis itu kencengin lagi baut F nya.
Kalo harus geser banyak itu benda yang D bisa dipencet biar si ulir E ngangkat dan bisa geser jauh2. Kalo gesernya dikit boleh diputer itu ulir E.
Pengaturan awal selesai.

Langkah keempat: coba tembakin

Ambil jarak dekat, terserah mau berapa meter dari target, 3-5 meter juga gapapa. Ambil posisi nembak kayak biasa, tapi sebelum release coba tanya dulu sama pendamping kira2 arrow/anak panahnya bakalan nancep di bantalan apa nggak. Kalo kira2nya gak akan kena bantalan coba maju lebih deket ke target atau ubah setingan atas bawahnya (H).
Langkah kelima: liat nancepnya dimana, terus sesuaikan

Ketika udah yakin bakal kena bantalan, coba bidik, luruskan antara mata, pointer/titik merah di aperture, sama bagian tengah target. Tembakin deh itu arrow/anak panah. Liat nancepnya disebelah mana titik target.
Oia, patokannya jangan 1 arrow yah. Tembakin beberapa, terus liat ngumpulnya paling banyak dimana (grouping).
Kalo arrow/anak panah nancepnya DIATAS titik sasaran, geser aperture ke ATAS. Sebaliknya kalo arrow nancepnya DIBAWAH titik sasaran, geser aperture ke BAWAH.
Kalo arrow/anak panah nancepnya sebelah KIRI titik sasaran, geser aperture ke KIRI. Sebaliknya kalo arrow nancepnya sebelah KANAN titik sasaran, geser aperture ke KANAN.
Kalo pas di tengah ya udah gak usah diapa2in.
Intinya: APERTURE NGIKUTIN ARAH NANCEPNYA ARROW.
Tapi kalo arrow nancepnya gak jelas kadang kanan kadang kiri kadang atas kadang bawah berarti yang salah orangnya, bukan fisirnya. Tekniknya belum konsisten.
Setelah arrow/anak panah banyak nancep ditengah, coba mundur sedikit2 sampe jarak yang diinginkan. Lalu ulangi langkah 5. Sekali mundur 3 meter cukup lah. Udah gitu ajah.

NB:
– Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
– Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha…

Hayang boga horsebow atulah plis
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.co.id

41 thoughts on “Cara Pengaturan Sight/Fisir pada Busur Recurve/Standard Bow untuk Pemula Banget

  1. Pagi mas,
    Saya baru mulai belajar panahan, kebetulan dari Kantor ada ngadain ekskul panahan dan pelatihnya juga.

    Saya mau tanya mas, untuk pemula perlu gak pake fisir atau stabilizer ?
    kalau perlu kira2 merk apa yang bagus dan artikel tentang stabilizer belum ada mas, hee.. mungkin bisa dibikin

    demikian
    Salam

  2. Malem om… Menurut saya stabilizer belum perlu, karena dia sifatnya "memperhalus".

    Fisir juga untuk yang awal sekali belum perlu. Karena bisa menyebabkan "target panic". Pemanah pemula nantinya bisa membidik terlalu lama. Akhirnya tekniknya gak keperhatiin.

    Belum ada waktunya lagi nih buat bikin artikelnya. Tapi tentang stabilizer emang ada rencana bikin.

    Makasih udah mampir.

  3. Nanya Om, apa panjang dan tinggi sight bisa dikalibrasikan ke jarak target? cm ke meter gitu.
    Terus berapa tingkat akurasi dari perubahan jaraknya Om, misalkan sdh dapet set sight untuk 5m, nah pada jarak 7 atau 8 meter apakah akurasinya masih sama atau harus set sight lg? thnx Share nya, kereenn

  4. Biasanya seorang pemanah punya buku catatan tentang ukuran fisir.

    Itu kan di fisir ada angka dan garisnya. Tinggal dicoba aja terus dicatet. Misal jarak 15 meter 2,3. Jarak 30 meter 3,8. Jarak 40 meter 4,6. Dst.

    Dicatat juga perangkat yang dipakenya apa. Misal limbs 32 lbs dengan arrow 1716 easton dengan brace height 21cm dan settingan lainnya.

    Kalopun ada perubahan gak akan jauh. Paling beberapa mm aja.

  5. Mas mau nanya.. Untuk Stabilizer apakah apakah bisa dipotong disesuaikan dengan tinggi badan. Karna setiap melakukan release dan melepas (memutar) bow, Stabilizernya selalu nyentuh tanah ujungnya? Mohon sarannya

  6. Salam kenal mas, saya mau tanya kegunaan pengaturan skal ketinggian sight utk apa ya krn klw dilihat apperture y tdk ada berubah posisi walaupun skala y berubah naik/turun. Mohon pencerahan y

    1. Salam guru..jika range sekadar 10 meter atau 15 meter kerna tempatnya terhad untuk shooting jauh..sight itu seting letak di atas ukuran berapa? 2.0 atau 1.5?

  7. maaf mas mungkin saya kurang bagus didalam menyampaikan maksud pertanyaan. begini mas hal pertama yang ingin saya pertanyakan kegunaan skala ketinggian ( bagian H pada gambar diatas) itu berfungsi sebagai apa, lalu apakah memang ada berpengaruh pada aperture ketika itu dinaik turun kan karena kalo saya perhatikan aperture y kan berada dalam posisi yang statis( artinya tidak bisa naik turun hanya bergeser ke kanan dan kekiri) lantas bagaimana pedoman kita dalam membidik antara jarak yang jauh dan yang dekat dengan menggunakan sight. sekaedar info saya pakai sight FOCUS keluaran cartel kemarin baru beli satu paket dengan standar bow nya.makasih mas mohon pencerahan

  8. maaf mas saya sudah paham, ternyata saya yang lola wkwkwkwkwkwk,…. maklum pemula mas. ooh ya kalo bisa pertanyaan saya di hapus aja mas malu membacanya. wkwkwkwk

  9. salam mas, mau tanya
    ada visir yang direkomendasikan ? saya coba browsing kok belum ketemu bahasan/review. kemudian saya lihat yang dijual kebanyakan cartel focus, long dan junior, ada masukan ?
    terimakasih

  10. Tanya om, kl.perbedaan dalam.penggunaan fisir pendek dan fisir panjang di mana ya?, apa ada di jarak tembak?, kl iya batas maksimal untuk fisir pendek di jarak brp ya?(soalnya dr.sisi harga terpaut lumayan jauh) :). Makasih

  11. salam om mau bertanya
    saat ini saya sedang belajar pakai visir, sudah coba tembak lalu kalibrasi beberapa kali, lalu saya menemui hambatan om. Saya perlu mengggeser sight nya lebih ke kanan karena groupingnya di kanan, tapi bila di geser lebih ke kanan visir akan tertutup oleh riser, bagaimana ya om? terima kasih sebelumnya

  12. Arrownya udah terbang lurus? Kalo fisir harus geser banyak ke kanan biasanya karena arrow lari ke kanan. Ini duluan yang harus dibenerin.

    Bisa karena setingan plunger yang kurang ke kiri atau springnya kurang kenceng. Kalo gak pake plunger bisa jadi karena double tape untuk arrow rest kurang tebel.

    Bisa juga karena teknik release yang suka plucking.

    Atau bisa juga karena line up terlalu ke pinggir. Yang dikarenakan lengan yang megang busur dan bahu gak dalam satu garis lurus.

  13. Assalamualaikum .. Om saya baru belajar manah, visir ny udah saya uji berkali kali, gk terlalu akurat sih, mungkin karna saya masih baru, tp saya heran saya kan udah dapet posisi pas visir ny jarak 10m, dari 6 anak panah ada 2 anak panah yg gk cocok seting nya, apa harus saya ubah seting ny kalau pas pake 2 anak panah yg beda itu, atau saya bansi aja om?

  14. Koc, pada saat membidik kan harus fokus pada target bukan apperture, kenapa begitu?
    Terus kalo fokus pada target bayangan apperture menjadi dua di kanan dan kiri, tapi saya bidik pake yang kiri karena saat nutup mata kiri bayangan itu yang muncul (saya right dominance eye). Apa emang seperti itu? terima kasih sebelumnya Koc

  15. Anak sy atlet panahan (standart bow), visir pake cartel fokus. Skore rt2 hy mentok di 320-330. Ktnya pin sightnya kdg suka geser mski sdh coba dikunci. Ada rekomendasi visir yg lbh baik dari cartel fokus? Trmksh

  16. assalmualaikum
    pak klo pengatur atas bawah fine pada fisir (pada gambar di poin E) ada dijual terpisah gak ya? punya anak saya udah dol ulirnya…klo ada dimana ya?
    terima kasih

  17. Assalamualaikum aperture saya rusak
    Apakah saya harus membeli sight lagi semuanya, atau bisa beli aperturenya saja
    Terimakasih

  18. assalamuallaikum mas, saya pakai panah recurve, kalau pasang arrow rest yg brush biscuit gt kira2 bisa ga ya??? sama saya mau nanya kan nanti arah vanesnya pasti berubah kalau pakai biscuit itu jadi satu vanes ke atas dua ke kiri kanan, nah itu bakal ngeganggu ga pas release atau saya harus ganti anak panah lagi?? soalnya biasanya kan kalau recurve saya selalu satu warna berbeda ke arah luar.

    1. hmm, coba dicek lagi tekniknya om. misal dari allignment tangannya. atau dari line up/ string blur nya. aperture mah biasanya pas di atas ujung arrow, atau geser dikit aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *