July 24, 2024

Sepak Terjang Papatembak

Bagian ini isinya paling gak penting. Penulis sekedar kepengen numpang ngesave momen2 indah selama maen panah. Kalo ngesave di HP doang takut keformat lah, ilang lah, kehapus lah, dst. Yah, ditambahin caption dikit2 lah biar inget itu pas lagi ngapain. Biar kayak diary gituh…

18 November 2015. Balikpapan. Baru mulai memanah. Beli satu set busur kanan second dari temen kuliah. Duitnya dari hasil jual uler. Masa transisi pindah hobi dari reptil ke panahan. Potonya belum ketemu.

26 Maret 2016. Borneo Open 2, Balikpapan. Pertama kalinya ikut kompetisi, pertama kalinya ngerasain babak aduan di kompetisi. Lawannya Andi Prasetio dari Ulul Albab Archery Club, Tarakan. Waktu itu saya ngalahin dia 6-4, tapi abis itu dibayar kontan sama pelatihnya.

26 Maret 2016. Borneo Open 2, Balikpapan. Kompetisi pertama saya. Dibantai 6-0 di perempat final ronde nasional indoor. Inilah yang akan terjadi ketika pemula yang baru maen 4 bulanan ketemu pelatihnya perpani. #alibi
26 Maret 2016. Borneo Open 2, Balikpapan. Dapet perunggu kualifikasi beregu putra ronde nasional. Tandemnya sama pak Jose dan pak Chandra (gak dapet medali, sertifikat doang).
1 Mei 2016. Sabili Archery Balikpapan, Kalimantan Timur. Best score SKM level 1. Pertama kali ikut yang namanya SKM. Gak nyangka ada piala2an segala.
1 Mei 2016. Sabili Archery Balikpapan, Kalimantan Timur. Best score SKM level 2.
1 Mei 2016. Sabili Archery Balikpapan, Kalimantan Timur. Best score SKM level 3. Hasil dipanas2in sama bapak yang di sebelah kiri saya di foto ini. Disuruh ikut 3 level sekaligus.
28 Agustus 2016. Elang Borneo Open, Samarinda, Kalimantan Timur. Dapet medali perak babak kualifikasi ronde nasional umum putra.

28 Agustus 2016. Elang Borneo Open, Samarinda, Kalimantan Timur. Dapet medali perak babak aduan ronde nasional umum putra. Yang nomer 1 nya rival abadi, ketemu terus.
28 Agustus 2016. Elang Borneo Open, Samarinda, Kalimantan Timur. Dapet medali perak babak aduan ronde barebow putra 18 meter. Segini juga udah uyuhan.
9 Oktober 2016. SKM level 4 buat ke 4 kalinya, dan tetep gagal. Asem!
5 November 2016. Main ke lapangannya Vieneth di Dusun Bambu, Lembang, Bandung. Karena di tempat wisata jadi bayarnya lumayan. Yang pedih baru nembak 2 rambahan udah ujan gede.
20 November 2017. Balik kondangan nyempetin mampir ke markasnya Bandung Archery Club yang di Gudang Utara. Tapi gak bawa alat, kepaksa pake busur kanan dengan teknik thumb draw.
3 Desember 2016. Sabili Archery Club, Balikpapan. 2 minggu sebelum hijrah ke Bandung. Disuruh berbagi ilmu dulu ke temen2 klub. Lumayan gagap, harus belajar lagi tentang public speaking.
3 Desember 2016. Sabili Archery Club Balikpapan, Kalimantan Timur. Dapet sertifikat hasil nyamar jadi coach.
16 Desember 2017. Indonesia Memanah 2, TMII. Tim Barebow putra Sabili Archery Club Balikpapan ngeksis dulu sebelum maen.

16 Desember 2016. Indonesia Memanah 2, TMII. Medali emas pertama saya untuk babak aduan. Ronde barebow putra. Finalnya menegangkan! Skornya 6-4. Lawannya ngeriii.
16 Desember 2016. Indonesia Memanah 2, TMII. Juara 2 kualifikasi ronde barebow. Medalinya berat, tuh liat si Coy sampe gontai.
17 Desember 2016. Indonesia Memanah 2. Dapet penghargaan INASP award sebagai “Penulis Inspiratif”. Gak pernah nyangka ketakketik bikin blog ginian doang bisa dapet award.
7 Januari 2017. D’kandang Open, Depok. Dapet medali perak di kualifikasi ronde barebow putra, yang nomer 1 nya curang busurnya bagus. #hoytquattro #alibi

7 Januari 2017. D’kandang Open, Depok. Tim Patriot yang baru dibentuk hari itu sukses meraih medali emas. Tadinya nama timnya adalah Betmen, tapi gak boleh sama panitia. Terus ganti lagi jadi Kuman, tetep gak boleh.
22 Januari 2017. Bogor Open. Ketemu Yuki dari FOCUS Archery Club di 1/8 final ronde nasional perorangan 40 meter putra. Saya sukses kalah shoot off karena negosiasi gagal. Yuki dan pelatihnya gak mau saya sogok mie ayam supaya ngalah.
22 Januari 2017. Bogor Open. Dapet medali perak ronde nasional beregu umum putra 40 meter. Ini manfaatnya punya temen seregu yang jago, kalo nilai dia tinggi kita bisa minta subsidi.
22 Januari 2017. Bogor Open. 16 besar dapet hadiah poto bareng presiden. Foto ini berhasil bikin geger di kampung saya. Mereka bangga tetangganya ada yang bisa ketemu presiden. hahaha…
29 Januari 2017. Nyobain lapangannya Vieneth Secapa Archery Club di Hegarmanah, Bandung. Dalam rangka mau naro guna2 di busur musuh biar ntar Vieneth Open bulan Maret bisa menang.
1 Februari 2017. Bogor Open. Salah satu cara Tim Panahan Kab. Sumedang buat mempermudah minta ongkos ke KONI kalo ada kejuaraan. Asal ada “oleh2” urusan minta duit lancarrrr…
4 Maret 2017. Vieneth Open 4, Bandung. Dapet medali emas kualifikasi sesi 1. Peringkat 1,2,3 skornya sama 317, diadu shoot off. Makhluk yang paling kanan ngalahin saya di D’kandang Open. #dendamlama.
Sampe lupa bawa anak, ternyata dia juga mau dipoto.
4 Maret 2017. Vieneth Open 4, Bandung. Asesoris busur yang dipake pas kejuaraan. Weight setengah ribu ternyata performancenya bisa nandingin weight setengah juta. Juga berhasil menarik perhatian juri, awalnya disuruh copot, tapi ternyata gak nyalahin aturan. Cuma bikin sakit mata.
10 Maret 2017. Numpang latihan di Politeknik Negeri Bandung. Ada klub mahasiswa yang lagi dirintis, namanya Polarch (Polban Archery). Ini foto sama ketuanya, namanya Yusuf.
6 April 2017. Pembentukan tim Jignuben. Tim yang menjunjung tinggi nilai pergayaan dan pereksisan, tenggang rasa kepada sesama, dan tidak semena-mena terhadap pembantu.
8 April 2017. Tim Jignuben menyatroni markas Polarch di Politeknik Negeri Bandung. Menghasut mereka supaya minta uang ke kampus buat dibeliin peralatan panahan lengkap dengan bantalannya biar kami bisa numpang latihan gratis.
10 Juni 2017. Ramadhan Open 3. Juara 3 kualifikasi barebow putra. Semakin berat aja persaingan di barebow. Best scorenya 279/300 yang berarti rata2 9,3/arrow. Skor saya 275/300.

10 Juni 2017. Ramadhan Open 3. Dapet perak aduan barebow putra. Perjuangannya berat, 2 kali shoot off di semi final dan final.

10 Juni 2017. Riser yang saya pake di Ramadhan Open. Polosan gak pake weight.
11 Juni 2017. Ramadhan Open 3. Ronde 3D barebow dapet best score 1. Tapi sayang gak dikasih medali. Sangat memorable karena ini pertama kalinya ikutan ronde 3D. Walaupun babak aduannya kalah di 1/4 final.
12 Juli 2017. Sekalian mudik ke kampung istri, numpang latihan di lapangannya Perpani Pontianak, Kalimantan Barat.
Foto bareng para pelatih disini. Pak Heri (baju kotak2), Bang Adi (baju merah), dan Pak Basarel (baju biru). Yang motret Bang Dwiyan, calon pelatih generasi selanjutnya.

14 Juli 2017. Masih di lapangannya Perpani Pontianak, Kalimantan Barat. Main bareng komunitas panahan Al Fatih. Mayoritas mainnya horsebow. Draw weightnya berat2. 😀
15 Juli 2017. Dijamu di Pontianak Archery Club. Tiap saya keluar kota, saya seneng datengin klub/komunitas panahan setempat. Banyak temen banyak tumpangan. 😀
27 Agustus 2017. Barebow Freedom Archery. Bawa perak dari kompetisi barebow di hotel Santika Cikarang. Ini pertama kalinya saya pake teknik barebow anchor tinggi di kompetisi, sebelumnya anchor di bawah dagu. Juga pertama kalinya ikutan kompetisi dengan bawa nama Papatembak sebagai nama klub (padahal klub fiktif). Hadiahnya dapet voucher makan malam di Hotel Santika Cikarang, makan mewah sekali2. 😀
1 Oktober 2017. Barebow Festival Pancasila Sakti, TMII. 
Kategori triple dapet perak kualifikasi dan emas aduan. Kategori double dapet perak kualifikasi dan perunggu aduan. Total 4 medali. 
Individunya terpuruk di posisi 9 kualifikasi, skor cuma 257/300. Bahkan gak masuk ke babak aduan karena cuma diambil 8 besar. Sakiiiiit. Hari itu saya lagi gak bagus mainnya, untung ketutup sama rekan tim yang jagoan.
1 Oktober 2017. Barebow Festival Pancasila Sakti, TMII. 
Pokoknya event ini tak terlupakan. Pagi dan siang puwanaaas banget sampe beberapa limbs melintir. Termasuk punya rekan satu tim saya the Satrio Wibowo, limbsnya melintir di arrow terakhir kualifikasi ronde double. 
Terus tiba2 sore hujan angin bonus petir dikit. Yang tidak berhasil membuat para pemanah mundur. Semua memutuskan buat terus maen sampe beres, termasuk ibu2nya juga. Super deh.
1 Oktober 2017. Barebow Festival Pancasila Sakti, TMII. 
Sebagian orang yang jadi alasan utama kenapa saya betah di ronde barebow. Aki2 gokiiiil!
NB:
– Daftar isi blog ini bisa diliat di Site Map.
– Dengan berbelanja di toko papatembak, Anda telah berkontribusi terhadap keberlangsungan blog ini. Kalo dagangan saya laku, saya jadi punya banyak waktu buat nulis. Haha…

Ke nambih deui,
Azhar A. Suryadiningrat
papatembak.blogspot.com

26 thoughts on “Sepak Terjang Papatembak

  1. om az… numpang asking dong… 🙂 terinspirasi Weight from stone waktu vieneth open kmaren …saya yg masih pemula jadi ikut2an bikin dari bandul stang motor….(biar bisa ngalahin om az nanti, masa kalah mulu 🙂 ) peraturannya bijimane tuh om special utk barebow … berat, pemasangan dll nya….. hatur tengkyuh ah before & after … :-bd

  2. Niru kok yang buruk rupa. Hahaha…

    Aturan barebow macem2. Biasanya di indo malah gak boleh pake weight/damper. Tapi kemaren di Vieneth boleh asal gak nonjol kedepan lebih dari 2,5 inch. Tinggal dipas2in aja biar gak ngelanggar aturan.

    Btw om siapa? Kok gak ditulis namanya?

  3. tararengkyuh infohnya om….abdi si pemula tea yg 2 kali kalah sama om Az di IM 2 sama vieneth kmaren om… 🙁

  4. ho oh om…abis blog si om keren abiez sih.. :-d buat pemula yg masih belia macam saya banyak elmu yg bisa digali di sini…ditunggu om ulasan lainnya

  5. Wah…. si om asik nih blognya…. sangat membantu saya yg baru 1 bulan interest ke archery…. hatur nuhun bagi2 ilmunya om, semoga berkah… 🙂

  6. luarbiasa kang azhar…sangat inspiratif perjalanan hidup panahannya…mudah mudahan bisa jadi motivasi bagi saya, keluarga saya, teman teman, dan lainnya yg ingin terjun di dunia panahan…mantaaap kang azhar..lajengkeun

  7. Wahh….sangat menginspirasi,Pak. Saya baru saja menekuni hobby baru ini dan Alhamdulillah sudah beberapa teman membentuk komunitas. Hanya saja di kota kami belum ada Perpani. untuk membentuk perpani apa saja prosedurnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *